1,357
Friday, 19 June 2020 19:29 (3 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

3 Kecamatan di Kabupaten Kuningan Diterjang Longsor

3 Kecamatan di Kabupaten Kuningan Diterjang Longsor

Bingkaiwarta, SUBANG - Hujan deras yang terjadi Kamis (18/6/2020) sore hingga malam telah mengakibatkan longsor di tiga kecamatan yakni Subang, Cilebak dan Japara.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan, Agus Mauludin menjelaskan bencana alam yang terjadi di Kecamatan Subang mengakibatkan dua desa terdampak yaitu Desa Pamulihan dan Tangkolo. Sementara di Kecamatan Cilebak hanya satu desa yang terdampak yaitu Desa Mandapajaya.

longsor

"Longsor di Desa Pamulihan menyebabkan jalan penghubung Desa Pamulihan dan Mandapajaya tertutup oleh material longsor. Tepatnya di Blok Cisubang Desa Pamulihan. Material longsor menutupi jalan sepanjang 20 meter dan tinggi 2 meter. Selain itu, pagar SMPN 2 Subangpun roboh karena longsor," jelas Agus.

Agus melanjutkan, untuk di Desa Mandapajaya longsor mengakibatkan bahu jalan penghubung Desa Pamulihan amblas. "Untuk menghindari adanya bahaya longsor susulan, sejumlah 37 kepala keluarga di 4 RT Dusun Manis terpaksa diungsikan ke lokasi yang lebih aman," ujarnya.

Sementara itu, untuk di Desa Tangkolo longsor terjadi pada TPT  bahu jalan di Dusun Bangunsari sepanjang 20 meter. "Sedangkan longsor di Kecamatan Japara mengakibatkan TPT ruas jalan penghubung Desa Cengal dan Desa Cikeleng ambruk sepanjang 50 meter dengan tinggi 10 meter," kata Agus.

Adapun upaya yang sudah dilakukan yaitu melakukan pembersihan material longsoran dan berkoordinasi dengan dinas terkait. (Abel Kiranti)

BPBD Badan Penanggulangan Bencana Daerah Hujan deras Japara Cilebak Subang Desa Mandapajaya Desa Pamulihan longsor longsor susulan

Komentar

Berita Terkait