128
Wednesday, 09 June 2021 14:07 (1 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

3 Kelompok Mahasiswa Uniku Lolos Program KBMI

3 Kelompok Mahasiswa Uniku Lolos Program KBMI

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Sebanyak tiga (3) kelompok mahasiswa Universitas Kuningan (Uniku) dinyatakan lolos pada program Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) tahun 2021. Proses penandatangan kontrak tiga (3) kelompok yang lolos dalam program KBMI Kemendikbud RI tahun 2021 berlangsung di Ruang Rapat Gedung Rektorat Kampus I Universitas Kuningan (Uniku) dengan disaksikan oleh Wakil Rektor IV Dr. Novi Satria Praja, M.Pd., Kepala Kantor Pusat Pengembangan Kewirausahaan (KP2K) Agus Prianto, M.Si., dan Sekretaris KP2K Neni Nurhayati, M.Si., Selasa (08/06/2021).

“Alhamdulillah, Informasi lolosnya ketiga kelompok mahasiswa Uniku berhasil diperoleh oleh Kantor Pusat Pengembangan Kewirausahaan (KP2K) Universitas Kuningan melalui surat keputusan yang dikeluarkan oleh Dirjen Dikti Kemendikbud RI. Pertama kali mengikuti kegiatan langsung mendapatkan kepercayaan dengan lolosnya tiga kelompok mahasiswa Uniku pada program KBMI Dirjen Dikti Kemdikbud RI tahun 2021. Ini suatu prestasi yang sangat luar biasa dan membanggakan tentunya, baik bagi Uniku maupun Kabupaten Kuningan karena berhasil mengharumkan nama lembaga dan Kabupaten,” kata Kepala KP2K Uniku Agus Prianto, M.Si., menerangkan dengan senyum khasnya dan bahagia.

Menurutnya, setelah sebelumnya KP2K melaksanakan kegiatan Young Entrepreneur Program (YEP), kali ini melalui KP2K juga menyelenggarakan kegiatan penandatangan kontrak bagi tiga (3) kelompok mahasiswa Uniku yang dinyatakan lolos pada KBMI Dirjen Dikti Kemendikbud RI tahun 2021.

“KP2K setelah kemarin menyelenggarakan YEP, kali ini penandatanganan kontrak bagi tiga (3) kelompok mahasiswa Uniku yang lolos pada ajang KBMI Dirjen Dikti Kemendikbud RI tahun 2021,” ujarnya.

Lebih jauh, sambung dosen program studi (Prodi) Pendidikan Biologi (PBio) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), mengungkapkan, tiga kelompok mahasiswa yang dinyatakan lolos pada program KBMI tersebut akan didanai oleh Dirjen Dikti Kemendikbud RI dengan total 48 juta 250 ribu.

“Ketiga kelompok yang lolos KBMI itu akan didanai oleh Dirjen Dikti Kemendikbud RI dengan jumlah total sebanyak 48 juta 250 ribu,” sambungnya.

Dirinya berharap, semoga segala prosedur dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya mulai dari awal sampai dengan akhir program KBMI.

“Semoga dilancarkan semuanya, mulai dari hari ini penandatanganan sampai dengan akhir pelaporan program KBMI. Intinya kita harus sesuai dengan prosedur yang berlaku aja,” harapnya dengan nada penuh pesan.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Dr. Novi Satria Praja, M. Pd., mengatakan, pihaknya atas nama pribadi dan lembaga, mengapresiasi dengan lolosnya tiga (3) kelompok mahasiswa Uniku di ajang KBMI Dirjen Dikti Kemendikbud RI tahun 2021.

“Alhamdulillah, tiga kelompok lolos dalam program KBMI Dirjen Dikti Kemendikbud RI tahun 2021. Ini patut kita syukuri dan apresiasi yang setinggi-tingginya. Saya atas nama pribadi dan lembaga, menyampaikan selamat dan apresiasi penghargaan yang setinggi – tingginya kepada tiga kelompok mahasiswa Uniku yang berhasil lolos KBMI tahun 2021,” tuturnya.

Dikatakannya, dengan lolosnya tiga kelompok mahasiswa Uniku di ajang KBMI 2021yang dirasa di wilayah Ciayumajakuning terbanyak itu, menandakan bahwa mahasiswa dan mahasiswi Uniku membuktikan dan menunjukan kualitasnya sehingga mampu bersaing dalam kancah nasional tersebut.

“Tiga kelompok mahasiswa Uniku ini dirasa di wilayah Ciayumajakuning paling banyak. Ini sebagai bukti bahwa mahasiswa dan mahasiswi Uniku mampu membuktikan dan menunjukan kualitasnya, sehingga mampu bersaing dengan mahasiswa dan mahasiswi dari perguruan tinggi lainnya di seluruh Indonesia,” katanya.

Dijelaskannya, Uniku sebenarnya pada program ini meengajukan 20 kelompok pengajuan proposal. Namun hanya tiga kelompok yang dinyatakan lolos pada program KBMI tahun  2021.

“Dari 20 yang dinyatakan lolos 3, ini juga sebuah prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama Uniku pada level nasional. Bahkan, di wilayah III Cirebon dirasa dari Uniku yang paling banyak dinayatakan lolos pada program KBMI 2021,” jelasnya.

Novi sapaan akrabnya yang juga sebagai Ketua Uniku Rider Club Indonesia, berharap, dengan lolosnya tiga mahasiswa dalam program KBMI tahun 2021, diharapkan dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk kembali berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Dengan lolosnya tiga kelompok mahasiswa Uniku dalam KBMI 2021, diharapkan memberikan motivasi bagi mahasiswa Uniku lainnya untuk kembali berprestasi lagi baik di bidang akademik maupun non akademik. Sekedar informasi saja, Uniku dalam kesempatan ini masih membuka pendaftaran mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2021 – 2022 gelombang 1 sampai dengan tanggal 10 Juni 2021 mendatang. Silahkan bagi yang mau melanjutkan dan belum mendaftarkan, agar segera untuk mendaftarkan diri dengan datang langsung ke Sekretariat PMB Lantai II Gedung Rektorat Uniku atau bisa secara online dengan membuka www.pmb.uniku.ac.id.,” harapnya. (Abel Kiranti/Humas)

Uniku Program kbmi Dikti Kemendikbud

Komentar

Berita Terkait