3 Ponpes di Ciayumajakuning dapat Bantuan dari BI, Madinatunnajah Jadi Wakil Kabupaten Kuningan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-07-01 16:26:53+07

BI Ponpes.jpg

Pimpinan Pondok Pesantren di Ciayumajakuning, menerima bantuan dari BI, yang diserahkan di Obyek Wisata Woodland, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Senin (01/07/2019).

 

Kuningan – Untuk membantu memfasilitasi Pondok Pesantren (Ponpes) supaya lebih mandiri dari segi ekonomi, Bank Indonesia (BI) memberikan bantuan kepada 3 Ponpes di wilayah Ciayumajakuning yang dinilai memiliki potensi penguatan ekonomi sendiri, Senin (01/07/2019).

Dari ketiga Ponpes tersebut satu-satunya Ponpes yang ada di Kabupaten Kuningan yakni Madinatunnajah, yang terletak di Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, maju mewakili Kabupaten Kuningan menerima bantuan tambahan sarana Edukasi dan Wisata senilai Rp. 56,9 juta dari Bank Indonesia.

Selanjutnya, Yayasan Ponpres Khas Kempek Cirebon menerima bantuan sarana Pengelolaan Sampah senilai Rp. 47 juta, dan bantuan Integrated Farming bagi Ponpes Al Mukminien Indramyu senilai Rp. 113 juta.

Pemberian bantuan yang masuk dalam Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) ini diserahkan langsung oleh Kepala Kantor BI Cirebon M. Abdul Majid, kepada tiap Pimpinan Ponpes, di Obyek Wisata Woodland, yang lahannya merupakan milik Ponpes Madinatunnajah.

Kepala Kantor BI Cirebon Abdul Majid mengatakan, pemberian bantuan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang diinisiasi oleh BI dalam bidang program sosial, khususnya dalam pemberdayaan dan pengembangan ekonomi syariah.

“Termasuk subnya adalah bagaimana kami membantu, berinovasi, menginspirasi, pondok pesantren lebih mandiri dari sisi ekonomi. Karena terus terang aja kami perhatikan banyak pesantren yang masih fokus pada pendidikan, sementara pada saat ini dan kedepan dinamika perekonomian itu kuat sehingga kita juga mendorong para pesantren, para Pak Kyai, untuk bisa membangun dari sisi ekonominya,” tutur Abdul.

Menurutnya, tujuan dari pemberian bantuan tersebut tidak lain adalah untuk menyiapkan para santri supaya ketika lulus dari Ponpes selain memiliki ilmu keagamaan, mereka juga bisa memiliki kemampuan entrepreneur.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Madinatunnajah Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, H. Mardani Juhri, berterima kasih atas pemberian bantuan yang telah diberikan oleh BI.

Kedepannya, Mardani akan mengembangkan lagi Ponpes Madinatunnajah, khususnya di sektor edukasi dan wisata, sehingga harapan BI yang sudah mempercayai Ponpes binaannya dapat diwujudkan.

“Dengan wisata Woodland yang kita bangun berkat kerja sama dengan investor ini, karena di sini terdapat lahan kritis, sehingga kita berkewajiban untuk memuliakan lingkungan hidup. Dengan adanya wisata yang kita bangun ini, juga menjadi tipologi wisata religi seperti yang kita inginkan,” ungkapnya. (TedyAgeng)

4 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM, PENDIDIKAN

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories