403
Friday, 06 November 2020 13:11 (3 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

380 Mahasiswa STIKes Kuningan Ikuti Wisuda Offline

380 Mahasiswa STIKes Kuningan Ikuti Wisuda Offline

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Sebanyak 380 wisudawan mengikuti acara wisuda secara offline di Al-Kenzi Convention Hall, Kuningan, dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Acara dibagi menjadi beberapa kelompok guna mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus.
 
Acara wisuda tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat panitia dan wisudawan untuk tetap melaksanakan acara wisuda yang sempat tertunda dikarenakan menunggu zona aman untuk wilayah Kabupaten Kuningan.
 
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan pada tahun ini kembali meluluskan 380 wisudawan/wisudawati dari program studi S.1 Keperawatan sebanyak 243 mahasiswa, D III Kebidanan sebanyak 39 mahasiswa dan S.1 Kesehatan Masyarakat sebanyak 98 mahasiswa dan 2 orang wisudawan yang mengikuti secara online wisudanya dikarenakan tidak bisa hadir secara langsung.
 
Kegiatan wisuda dimulai tepat pukul 08.10 dan berakhir pukul 10.10 wib, dengan serangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan Sidang Senat Terbuka Wisuda XII STIKes Kuningan yang dipimpin oleh Ade Saprudin, S.KM., M.KM, pembacaan surat keputusan kelulusan dan pemberian gelar akademik oleh wakil ketua I bidang akademik, Cecep Heriana, S.KM MPH dan pengumuman wisudawan terbaik yang diberikan kepada 5 wisudawan terbaiknya, yakni Wisudawan Terbaik Prodi Keperawatan, Enok Cucu Suciani, S.Kep, Wisudawan Terbaik Prodi Kesehatan Masyarakat, Syuaibatul Aslamiah, S.KM, Wisudawan Prodi D III Kebidanan, Nisa Setiani Sofyan Putri, Amd.Keb sedangkan 2 penghargaan lainnya yakni Wisudawan Terbaik STIKKU diberikan kepada Muhamad Wildan Khaerudin, S.KM dan Ine Dwi Juniar Kurniawati, S.KM sebagai  penelitian inovatif.
 
Acara dilanjutkan dengan pembacaan janji alumni, prosesi angkat sumpah Kesmas oleh pengurus IAKMI provinsi Jawa Barat dan angkat sumpah Bidan oleh ketua IBI Jawa Barat, Hj. Eva Riantini, Amd.Keb.,S.Sos.,ME.
 
Hadir mengikuti acara wisuda, pengurus Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan (YPBHK), perwakilan organisasi profesi, IAKMI, dan IBI. Sedangkan Bupati Kuningan, H. Acep Purnama dan Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat Banten mengikuti dan memberikan sambutannya secara virtual.
 
Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp.,MH dalam sambutannya mengatakan bahwa pada tahun akademik 2019-2020 STIKes Kuningan mempersembahkan 380 lulusan dari 3 program studi sekaligus menyampaikan laporan akademik yang telah diraih oleh STIKes Kuningan selama satu tahun, baik prestasi mahasiswa maupun dosen juga kinerja lembaga yang telah menorehkan prestasi sebagai PTS Kesehatan Terbaik di wilayah Jawa Barat dan Banten.
 
“Saya mewakili seluruh sivitas akademika STIKes mengucapkan selamat kepada wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi Diploma III Kebidanan dan Sarjana Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, juga kepada seluruh orang tua wali dan keluarga yang telah menghantarkan putera puterinya sehingga bisa menjadi seorang Sarjana," ucap Abdul.
 
Ketua STIKes Kuningan menambahkan, dalam menjaga kualitas lulusan dan kinerja lembaga, diakhir tahun 2020 ini STIKes Kuningan akan melaksanakan Re-akreditasi program studi S.1 Keperawatan dan Profesi Ners, dilanjutkan pada tahun 2021 akan melaksanakan akreditasi program studi S.2 Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Pendidikan Profesi Bidan. Ia berharap bisa mendapat nilai yang sangat memuaskan pada saatnya nanti.
 
Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan, Prof.Dr.Hj.Dewi Laelatul Badriah, M.Kes AIFO mengucapkan rasa syukurnya kepada orang tua yang telah mau bersabar menanti acara wisuda dikarena situasi pandemi dan menunggu zona aman, dan berharap para lulusan dari STIKes Kuningan bisa terus bergerak untuk meraih kesuksesan masa depannya. Bergerak mendapatkan pekerjan dan meningkatkan kemampuan profesionalnya seperti janji yang telah diucapkan saat porsesi angkat sumpah dan bangga menjadi alumni STIKes Kuningan.
 
Sebagaimana diketahui bersama pandemi Covid-19 di Kabupaten Kuningan masih berlangsung hingga saat ini. Bupati Kuningan, H. Acep Purnama dalam sambutannya secara virtual berpesan kepada seluruh wisudawan STIKes Kuningan agar tetap bersemangat meraih cita-citanya dan berharap kepada lulusan STIKKu untuk terus mensosialisasikan pencegahan covid-19 dengan program 3 M (Mencuci Tangan, Menggunakan Masker dan Menjaga jarak) kepada masyarakat. Bupati Kuningan juga mengucapkan terima kasih kepada ahli epidomologi dari STIKes Kuningan yang telah berkontribusi menangani Covid-19 bersama gugus tugas Covid-19 Kabupaten Kuningan.
 
“Momentum wisuda saat pandemi Covid-19 ini mungkin sangat berbeda dengan kegiatan wisuda sebelumnya, namun tidak mengurangi makna wisuda saat ini. Saya mengucapkan selamat kepada wisudawan wisudawati yang telah diwisuda hari ini, dan juga terimakasih ucapan setinggi-tingginya kepada STIKes Kuningan yang telah menjadi mitra strategis pemerintahan Kabupaten Kuningan yang telah menghasilkan sumberdaya kesehatan terbaik yang bisa menunjang pembangunan kesehatan di wilayah kabupaten Kuningan.” ucapnya
 
Menutup acara sambutan secara virtual, Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat Banten, Prof. Uman Suherman., AS.,M.Pd berpesan kepada seluruh wisudawan dan civitas akademika STIKes Kuningan agar terus berupaya meningkatkan kemampuan dan kinerjanya sekaligus mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan yang telah di wisuda.
 
“Alhamdulillah untuk kesekian kalinya, saya bisa menghadiri wisuda STIKes Kuningan. Saya ingin memberikan penegasan kepada wisudawan bahwa anda ditakdirkan bisa menyelesaikan kuliah di STIKes Kuningan sebagai salah satu kampus terbaik ilmu kesehatan yang di Jawa Barat dengan tata kelola yang sangat baik dengan  akreditasi program studi yang sangat baik," pungkas Prof. Uman. (Abel Kiranti)
Wisuda STIKes Kuningan

Komentar

Berita Terkait