444 Keluarga Miskin Desa Cikahuripan Tak Pernah Tersentuh Perhatian Pemerintah

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2016-08-19 22:17:27+07

Kuningan – Jumlah warga miskin di Desa Cikahuripan, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan mencapai angka yang cukup mengejutkan, menurut keterangan Sujono, Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat, dari 3300 KK, dengan jumlah jiwa kurang lebih 4500 orang, 444 diantaranya merupakan keluarga pra sejahtera.

    Sujono menyebutkan, warga miskin ini rata-rata bermata pencaharian kuli lepas, buruh serabutan, pemecah batu kali, serta tidak sedikit yang dahulunya merupakan perantau yang berdagang di daerah Jakarta dan sekitarnya, namun setelah terkena gusuran kembali pulang dan kini menjadi pengangguran, “Mereka yang menjadi pemecah batu berpenghasilan sekitar Rp. 20 ribu perharinya, sedangkan yang bekerja lainnya tidak menentu,” tuturnya pada Bingkai Warta, kemarin.

    Dampak paling menonjol akibat dari kondisi kemiskinan yang diderita warga tersebut, menurut Sujono, adalah minimnya angka melanjutkan sekolah anak anak mereka pada tingkat SLTA, serta ketidak mampuan memperbaiki rumah, akibatnya mereka tinggal di rumah-rumah yang tidak layak huni.

    “Kalau melaksanakan wajib belajar 9 tahun bagi anak-anak mereka, sepertinya mereka masih bisa berusaha, namun untuk menuntaskan hingga 12 tahun tidak sanggup, ya karena bebas biaya di tingkat SLTA kan baru omong belaka, kenyataannya masih dipungut, belum untuk ongkos transportasi, mengingat jarak tempuh dari desa kami ke sekolah lanjutan atas tidak ada yang dekat. Kondisi inilah yang menyebabkan 20 persen penduduk di desa kami tidak tamat SMA,” terang Sujono.

    Dan rata-rata mereka yang menempati rumah tidak layak huni itu, seperti mendiami rumah yang 100 persen dindingnya dari bilik bambu, ada pula yang tinggal di rumah semi permanen dan permanen, namun kondisinya sudah sangat memperihatinkan, alias mau ambruk, “Lebih parahnya lagi, tidak sedikit dari mereka bertempat tinggal di lokasi rawan longsor,” katanya.

    Untuk mengantisipasi hal tersebut berbagai upaya telah dilakukan pihak desa, diantaranya, kata Sujono, tiap tahun dari tahun 2010 hingga saat ini terus menerus mengajukan permohonan bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) atau bantuan lainnya untuk perbaikan rumah, baik pada pihak pemerintah daerah (Pemda), bahkan hingga ke pemerintahan pusat, dengan harapan rumah-rumah keluarga pra sejahtera tersebut bisa segera diperbaiki.

    “Kita khawatir, takutnya kalau lagi tidur kemudian rumah roboh, yang disalahkan tetap saja aparatur pemerintahan desa, nantinya dikatakan tidak ada perhatian sama sekali ke masyarakat. Padahal mengajukan bantuan mah sudah tiap tahun juga dilakukan, namun hingga saat ini tidak pernah ada satupun realisasi bantuan untuk perehaban rumah warga miskin pada desa kami,” ucapnya.

     Ucapan Sujono tersebut dihamini Asda, Kepala Urusan Ekonomi Pembangunan (Kaur Ekbang) Desa Cikahuripan, bahkan Asda memaparkan, untuk menghindari kecemburuan sosial secara bertahap jumlah rumah yang diajukan permohonannya setiap tahun dinaikan.

     “Pada tahun 2015 lalu kami mengajukan untuk 160 rumah, tahun ini kami naikan jumlahnya menjadi 200 rumah, pengajuan itu ada yang dialamatkan ke Dinas Cipta Karya, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertranas) Kabupaten Kuningan, malahan ada juga yang langsung ke pihak Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), namun ya begitu, propasal sih masuk, sayangnya jawaban tidak pernah kami dapatkan hingga sekarang,” keluh Asda. (Pram)444 Keluarga Miskin Desa Cikahuripan Tak Pernah Tersentuh Perhatian Pemerintah-web ok.jpg

Capt : Rumah milik keluarga Raswan, 40, warga RT. 17/3, Desa Cikahuripan, Kecamatan Maleber, yang kesehariannya bekerja sebagai buruh serabutan, tampak atapnya telah miring akibat kayunya patah, serta dinding-dindingnya mulai rapuh disana sini, dan ini merupakan salah satu dari ratusan rumah tidak layak huni yang terdapat di desa tersebut.

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories