5 Maklumat Disampaikan Dalam Aksi Damai Depan Polres Kuningan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-05-31 00:50:25+07

5 Tuntutan_Maklumat Disampaikan Dalam Aksi Damai sdsd.jpg

Massa yang menamakan diri ASMA Kabupaten Kuningan saat melakukan aksi damai di depan Markas Kepolisian Resor Kuningan, Kamis (30/05/2019) sore tadi.

 

Kuningan – Sekelompok massa yang tergabung dalam forum Aliansi Solidaritas Masyarakat (ASMA) Kabupaten Kuningan lakukan aksi damai di depan Markas Kepolisian Resor Kuningan, Kamis (30/05/2019) sore tadi.

Mereka merupakan gabungan dari Elemen Masyarakat, Aktivis Mahasiswa, Tokoh Masyarakat, Santri Pondok Pesantren, Ormas Kepemudaan dan Islam, serta sejumlah ulama.

Dari spanduk yang dibentangkan aksi damai ini dilakukan sebagai bentuk keprihatinan atas adanya korban jiwa yang berjatuhan pada aksi 21-22 Mei 2019 di Jakarta.

Keprihatinan mereka utarakan melalui orasi yang disampaikan oleh beberapa orator, juga lewat doa yang dipimpin oleh Habib Rifky Alaydrus.

Salah satu orator yang juga Ketua Front Pembela Islam (FPI) Kabupaten Kuningan Kyai Endin Kholidin, menyuarakan terkait keprihatinan itu dengan suara lantang di hadapan massa.

Pertama ia mempertanyakan terkait penjegalan yang dilakukan oleh aparat kepolisian terhadap massa yang hendak mengikuti aksi 21-22 Mei dulu. Padahal menurutnya aksi itu merupakan bentuk aspirasi tentang kedaulatan rakyat.

“Lalu bagaimana kalian menghalangi kami sodara, apakah kami yang melakukan pelanggaran HAM ataukah kalian yang menjadi pemerkosa HAM sodara, betul? Betul? Jadi saya mau tanya kalau kita kemarin berangkat ke Jakarta salah apa tidak? Hak kita atau bukan? Hak kita saudara, betul?,” ujarnya disambut riuh massa.

Endin kemudian mengklarifikasi terkait kerusuhan yang terjadi di Gedung Bawaslu Republik Indonesia. Sebab diakuinya, Laskar FPI tidak merasa melakukan kerusuhan tersebut.

“Entah siapa yang mengawali, saya tidak bisa menjelaskan itu, siapa itu provokatornya. Yang jelas pada saat itu kami taat komando para habaib dan ulama saudara. Aneh bin ajaib ketika kami dari FPI sudah membubarkan diri, istirahat di berbagai mesjid, terjadi keributan di Bawaslu,” sebutnya.

Endin juga mempertanyakan terkait oknum Brimob yang dianggapnya telah melakukan tindak kekerasan terhadap massa aksi 21-22 Mei. Ia membenci oknum yang melakukan tindak kekerasan tersebut.

“Dan kami tak membenci kepolisian, tapi yang kami benci adalah oknum yang memiliki akhlak kebrutalan dengan menggunakan atribut daripada polisi, betul?,” katanya.

Sehingga atas tindakan aparat yang dianggapnya telah melakukan kekerasan terhadap massa aksi 21-22 Mei, Endin berharap dapat diproses sesuai hukum yang berlaku.

“Inilah klarifikasi apa yang saya alami. Jadi yang saya alami pada tanggal 21 sampai malam tanggal 22 itulah yang terjadi bahwa memang betul adanya penembakan daripada oknum anggota Brimob kepada laskar FPI, kepada rakyat, kepada umat islam bahkan menggunakan peluru tajam. Inilah suatau tindakan yang melanggar HAM dan kita berharap bahwa ini bisa diangkat dan diproses, bisa ditindaklanjuti agar betul-betul keadilan bisa dirasakan oleh umat, bangsa dan negara,” tandasnya.

Diakhir, ia menyampaikan keprihatinan atas dua orang Kuningan yang belum bisa pulang ke kampung halaman yaitu Ustadz Amung dan Andi yang masih ditahan di Mako Brimob.

Setelah orasi, salah satu tokoh didampingi Koordinator Lapangan Aksi Damai membacakan 5 tuntutan/maklumat bagi Kepala Kepolisian Republik Indonesia, dan menyerahkan berkasnya kepada Wakil Kepala Polres Kuningan Kompol Agus Syafruddin.

Adapun lima tuntutan itu yakni meminta kepolisian untuk membebaskan semua rakyat yang ditangkap dalam aksi 21 22 Mei 2019, bebaskan semua tokoh dan aktivis yang dikriminalisasi atau dimakarisasi, pemerintah wajib meminta maaf dan memberikan ganti rugi kepada semua korban kebiadaban oknum Brimob di aksi tersebut baik yang luka maupun yang wafat, mengecam keras atas tindakan kekerasan oknum Brimob terhadap peserta aksi, dan meminta Pemerintah Kabupaten Kuningan wajib ikut membantu dan bertanggungjawab atas warganya yang belum kembali dalam aksi tersebut. (TedyAgeng)

5 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories