470
Monday, 01 June 2020 16:34 (5 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

5 Tips Menjaga Semangat Kerja Saat WFH

5 Tips Menjaga Semangat Kerja Saat WFH

Demi memutus rantai penyebaran Covid-19, banyak perusahaan yang menerapkan sistem work from home atau WFH. Dengan mengusung konsep kerja remote, seluruh karyawan bisa melakukan aktifitas pekerjaanya dari rumah dan memanfaatkan internet.

Meskipun awalnya terkesan menyenangkan, namun jika dilakukan terlalu lama pastinya akan membuat pekerja bosan. Terlebih lagi jika suasana rumah tidak kondusif untuk bekerja.

Nah buat Anda yang sudah merasa jenuh dengan sistem WFH dan rindu pergi ke kantor, cobalah lakukan beberapa tips berikut untuk menjaga semangat kerja meski dengan sistem WFH.

  1. Bangun Pagi dan Langsung Mandi

    Salah satu kebiasaan buruk saat sedang libur atau tak ada rencana keluar rumah adalah bangun siang. Padahal sebenarnya bangun pagi sangat bermanfaat untuk menjaga mood dan semangat kerja.

    Jadi meskipun harus WFH cobalah untuk tetap bangun pagi dan langsung mandi seperti biasa. Ketika tubuh sudah segar, maka mood pun akan naik dan otak akan lebih fresh menyelesaikan setumpuk pekerjaan yang sudah menanti.

  2. Hindari Bekerja di Tempat Tidur

    Saat sudah melihat kasur, rasa kantuk sering kali menghampiri secara tiba-tiba. Jika tak menguatkan niat untuk segera menyelesaikan pekerjaan, bisa jadi Anda justru lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur ketimbang bekerja.

    Untuk menjaga produktifitas kerja, sebaiknya siapkan sebuah space di rumah khusus untuk bekerja di luar kamar. Jika memang Anda tak memiliki banyak ruang kosong di rumah, cukup siapkan meja kerja yang Anda tempatkan di sudut ruangan, yang terpenting hindari bekerja di atas tempat tidur.

  3. Sempatkan Olahraga

    Tips jitu untuk menjaga kebugaran dan mood saat harus #dirumahsaja adalah selalu menyempatkan diri untuk olahraga. Tak harus lama, cukup luangkan waktu 10-30 menit saja setiap hari untuk berolahraga.

    Anda bebas memilih jenis olahraga yang sesuai dengan hobi dan fasilitas, seperti renang jika rumah Anda memiliki kolam renang, gym jika Anda memiliki peralatan gym, yoga atau workout yang bisa dilakukan tanpa alat.

  4. Selalu Jaga Komunikasi Dengan Teman dan Rekan Kerja

    Salah satu faktor yang menyebabkan Anda cepat jenuh saat bekerja dari rumah adalah berkurangnya interaksi dengan teman atau rekan kerja. Padahal di era serba digital seperti saat ini, menjaga komunikasi jarak jauh bukan lagi jadi perkara yang sulit dilakukan.

    Sempatkan waktu untuk tetap berinteraksi dengan teman atau rekan kerja, baik melalui media sosial, chatting atau video call.

  5. Sediakan Makanan Favorit

    Dipercaya atau tidak, makanan ternyata sangat efektif untuk menjaga mood dan semangat kerja. Nah mumpung di rumah, Anda bisa selalu menyediakan makanan favorit untuk teman kerja.

    Tapi ingat, jika Anda tak ingin gemuk pastikan jenis makanan dan jumlah kalori yang dikonsumsi tetap terkontrol.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga bisa mencoba beberapa tips lain agar semangat tetap terjaga dan bisa selalu produktif. Seperti untuk kaum hawa agar tetap menggunakan make-up simple sehingga wajah selalu fresh meski bekerja di rumah. (BS)

wfh olah raga komunikasi work from home agar semangat wfh kerja remote kerja dari rumah kerja di rumah dirumah aja pekerjaan yang bisa dilakukan dirumah video call

Komentar

Berita Terkait