982
Wednesday, 01 July 2020 05:15 (3 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

AKB Ditunda, Masyarakat Dihimbau Lebih Waspada Akan Bahaya Covid-19

AKB Ditunda, Masyarakat Dihimbau Lebih Waspada Akan Bahaya Covid-19

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Berdasarkan hasil rapat, Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan akan menunda penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kabupaten Kuningan setelah keluarnya hasil swab massal tahap pertama dari Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat, pada Senin (29/06/2020) malam. 

Kapolres Kuningan, AKBP Lukmam Syafri Dandel Malik menyebutkan pihaknya akan menindaklanjuti kebijakan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kuningan dengan meningkatkan kembali patroli untuk kedisiplinan warga terutama dalam memakai masker,  Social distancing dan mencegah kerumunan massa. 

"Kami melihat dan mengevaluasi ada penurunan tingkat kedisiplinan di masyarakat setelah PSBB Transisi. Ada euforia setelah dinyatakannya Kuningan sebagai zona biru, ini yang menimbulkan disiplin warga semakin menurun," ujar Kapolres.

Dengan sangat berat hati, ia mengungkapkan pembatasan secara mikro akan dilakukan lagi, terutama dalam tiga hal seperti penggunaan masker, jaga jarak dan mengurangi kerumunan.

"Bagi pengelola obyek wisata, pasar swalayan,  toko modern dan lokasi keramaian lainnya juga harus memperketat protokol kesehatan di lingkungannya bagi pengunjung, jika tidak ingin ditutup atau dibubarkan," tegasnya.

Senada dengan Kapolres, Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi Karter Joyi Lumi sepakat dalam menyikapi senplik pertama yang diambil. "Kita mulai lagi dari awal. Kita ikuti cara-cara yang sudah kita lakukan. Tapi kemungkinan akan diperketat lagi. Ini sudah menjadi bagian dari hidup kita. Mau tidak mau kita harus berdamai dengan keadaan, namun bukan berarti menyerah. Tapi kita harus tetap patuhi aturan-aturan," kata Dandim Karter Joy.

Perlu diketahui, Orang Tanpa Gejala (OTG) ini lebih berbahaya. Lain halnya dengan orang yang sudah terpapar, mempunyai gejala sakit dan langsung di rawat lalu di isolasi. "OTG ini carier, kemana-kemana orang tersebut membawa virus itu. Ini terbukti setelah ada pengumuman tadi malam hasil dari swab massal, orang tersebut rata-rata bersinggungan dengan publik atau pelayanan publik. Jadi, kita harus lebih ekstra hati-hati lagi ikuti aturan protokol kesehatan," pungkasnya. (Abel Kiranti)

akb psbb PSBB Transisi zona biru Lukmam Syafri Dandel Malik Gugus Tugas Orang Tanpa Gejala

Komentar

Komentar telah di non-aktifkan untuk postingan ini

Berita Terkait