178
Saturday, 17 October 2020 19:31 (1 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Antisipasi Bahaya Kebakaran, Damkar Satpol PP Kab. Kuningan Lakukan Sosialisasi

Antisipasi Bahaya Kebakaran, Damkar Satpol PP Kab. Kuningan Lakukan Sosialisasi

Bingkaiwarta, LURAGUNG - Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan melaksanakan kegiatan Sosialisasi/Simulasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran di Kantor Pemerintahan Desa Dukuh Picung Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan, Sabtu (17/10/2020).
 
Acara sosialisasi tersebut diikuti oleh aparat pemerintah desa setempat, warga masyarakat, anggota Linmas Desa Dukuh Picung, ibu-ibu PKK, Karang Taruna dan Babinsa Desa Cipicung.
 
Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh. Khadafi Mufti menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar permintaan dari Kepala Desa Dukuh Picung, H. Irianto, perihal permohonan pemateri untuk simulasi pencegahan kebakaran tingkat Desa Dukuh Picung, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan Tahun 2020.
 
"Kami berikan sosialisasi tentang Dasar -Dasar Penanggulangan Kebakaran, Dasar Hukum Kebakaran Pemukiman, Pertolongan Pertama pada Kebakaran, Tindakan penyelamatan saat terjadi kebakaran, Kewajiban /hak untuk Aparat Pemerintahan Desa Dukuh Picung beserta warga masyarakat setempat, Pengenalan sistem proteksi kebakaran manual (kain/handuk yang dibasahi air), pengenalan sistem proteksi kebakaran modern /aktif /APAR (alat Pemadam api ringan)," jelas Khadafi kepada bingkaiwarta.com.
 
Selain itu, pihaknya juga memberikan praktek/simulasi pemadaman api saat terjadi kebakaran dilingkungan pemukiman penduduk. "Pelaksanaan kegiatan simulasi /pelatihan pencegahan penanggulangan kebakaran, ini sangat perlu dan sangat penting untuk mengedukasi warga masyarakat di Lingkungan Desa Dukuh Picung Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan. Karena terbatasnya jumlah personil serta kantor layanan UPT Pemdam Kebakaran yang ada saat ini, sehingga sangat diperlukan peran aktif masyarakat dari seluruh lapisan untuk dapat membantu pencegahan dan penanggulangan kebakaran sampai ke pelosok pedesaan," terangnya.
 
Melalui pelatihan ini, diharapkan mampu menciptakan warga masyarakat yang siap dan tangguh untuk dapat memadamkan api secara mandiri dengan tetap memperhatikan keselamatan individu/perorangan, baik kebakaran yang bersumber dari bahan /barang yang mudah terbakar seperti ; tabung gas,kompor,listrik serta juga dalam upaya pembentukan kelompok BALAKAR (BARISAN RELAWAN KEBAKARAN) sesuai yang diamatkan dalam Perda 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di Kabupaten Kuningan.
 
"Kami berharap penguatan hubungan kemitraan lintas vertikal dan horizontal dalam upaya memberikan rasa aman, nyaman terhadap warga masyarakat Desa Dukuh Picung Kecamatan Luragung dari bahaya gangguan KAMBTIMAS termasuk didalamnya deteksi dini dan penanggulangan bahaya kebakaran," ungkap Khadafi.
 
Disamping itu, dengan adanya kegiatan sosilaisasi tersebut merupakan media untuk menyempaikan pesan moril terhadap warga masyarakat Desa Dukuh Picung Kecamatan Luragung, bahwasanya Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan hadir di masyarakat dalam rangka memberikan ilmu pengetahuan serta pelayanan dalam bidang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran dan non kebakaran ( evakuasi binatang berbahaya,longsor banjir, dll). (Abel Kiranti)
DAMKAR SOSIALISASI SATPOL PP KUNINGAN LURAGUNG

Komentar

Berita Terkait