Apa Bedanya Pecandu, Penyalahguna dan Korban Penyalahguna Narkotika?

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-07-12 12:49:34+07

Apa Bedanya Pecandu, sdsdeeee.jpg

Rapat Koordinasi terkait Rehabilitasi dan Pasca Rehabilitiasi Tingkat Kabupaten Kuningan di Grage Sangkan Hotel, kemarin.

 

Kuningan – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kuningan Edi Heryadi, M.Si, memaparkan perbedaan antara pecandu, penyalahguna, dan korban penyalahguna narkoba, pada Rapat Koordinasi terkait Rehabilitasi dan Pasca Rehabilitiasi Tingkat Kabupaten Kuningan di Grage Sangkan Hotel, kemarin.

Edi menerangkan bahwa pecandu, penyalahguna, dan korban adalah orang sakit yang harus direhabilitasi. Lalu, apa bedanya pecandu, penyalahguna dan korban penyalahguna?

“Undang-undang 35 tahun 2009 dan PERBER Nomor 11 tahun 2014 mengatakan bahwa pecandu adalah orang yang mengunakan atau menyalahgunakan narkotika dan dalam keadaan ketergantungan narkotika baik secara fisik maupun psikis,” kata Edi.

Sementara penyalahguna, lanjut dia, adalah orang yang menggunakan narkotika tanpa hak atau melawan hukum. Sedangkan korban penyalahguna narkotika adalah seseorang yang tak sengaja menggunakan narkotika karena dibujuk, diberdaya, ditipu, dipaksa dan atau diancam untuk menggunakan narkotika.

“Jadi, bahwa penyalahguna, pecandu dan korban penyalahguna narkotika merupakan orang sakit yang harus kita sembuhkan melalui rehabilitasi medis maupun rehabilitasi sosial. Karena rehabilitasi lebih baik dari daripada dipenjara,” tuturnya.

Pada rakor yang bertujuan untuk sinergitas lembaga dalam upaya mendukung program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi tersebut dihadiri oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Kuningan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Dinas Sosial Kabupaten Kuningan, dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan.

Kemudian, DPMD Kabupaten Kuningan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Polres Kuningan, Kejaksaa Negeri Kuninganm, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kuningan, Forum Camat Kabupaten Kuningan, RSUD 45, RSUD Linggarjati, TP PKK Kabupaten Kuningan, serta APBDES Kabupaten Kuningan.

Edi pun berterimakasih pada dinas instansi terkait yang telah mendukung program rahabilitasi dan pasca rehabilitasi.

Kasi Rehabilitasi Asep Syaripudin, S.STP, M.Si, menambahkan, bahwa mengenai rencana aksi BNNK Kuningan bersama-sama dengan tiap dinas/instansi serta organisasi kemasyarakatan dan pemerintah dalam rangka meningkatkan sinergitas lembaga dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredatan gelap narkotika dan prekursor narkotika terutama mendukung dalam program rehabilitasi dan pascarehabilitasi. (Abel Kiranti)

3 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories