165
Wednesday, 26 August 2020 17:50 (4 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Apel Gabungan dan Launching Penegakan Disiplin AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru)

Apel Gabungan dan Launching Penegakan Disiplin AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru)

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Dalam rangka Penegakan Disiplin AKB  (Adaptasi Kebiasaan Baru) Bupati Kuningan H. Acep Purnama melaksanakan kegiatan apel gabungan sebagai Pembina bersama Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi Karter Joyi Lumi, Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, Sekda Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, Kadishub Kuningan Drs. Jaka Chaerul, Kasat Pol PP Kuningan Indra Purwantoro, Kalak BPBD Kuningan Agus Mauludin dan Para peserta Apel, di Halaman Setda Kuningan, Rabu (26/9/2020). 

Adaptasi kebiasaan baru adalah kenormalan baru dimana setiap orang melakukan adaptasi dan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal dengan memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Maka dalam upaya pencegahan virus COVID-19, masyarakat Kabupaten Kuningan wajib menggunakan masker dan perilaku hidup bersih selama beraktivitas di luar rumah. 

Bupati Kuningan mengatakan, peraturan penegakan disiplin ini akan dilaksanakan selama lima hari kedepan terhitung dari tanggal 26-30 Agustus 2020, ini merupakan tindakan yang dilakukan untuk mencegah kasus baru di Kabupaten Kuningan. "Hari kesatu dan kedua memberikan himbauan dan pembagian masker kurang lebih sekitar 2400 masker dialokasi ke masing-masing pos GAKPLIN, sedangkan hari ketiga sampai hari kelima memberikan tindakan memutar balik arah dimulai pukul 09.00-11.30 WIB," ujarnya.

Adapun Pos GAKLIN ini terdiri dari 10 titik diantaranya Kadugede, Ciawigebang, Luragung, Lebakwangi, Taman kota, Cigugur, Pasar baru, Kramatmulya, Mandirancan, dan Caracas.

Dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru tersebut BPBD Kuningan mendistribusikan masker sebanyak 32.000 masker ke 47 titik yang terdiri dari 29 titik pasar dan 18 masjid di 20 Kecamatan dengan tema kegiatan “ Maskerku Melindungimu, Maskermu Melindungiku”. 

Pada kegiatan tersebut Dandim juga menyampaikan bahwa kegiatan perekonomian sudah dibuka namun tetap masyarakat harus memperhatikan protokol kesehatan. Dinamika yang terjadi di lapangan banyak sekali masyarakat yang masih tidak menghiraukan protokol kesehatan, maka ini menjadi tantangan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah. 

"Semua jajaran pemerintah dan aparatur Negara juga harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam menegakan disiplin protokol kesehatan, jangan sampai menegakan disiplin namun tidak menjadi contoh bagi masyarakat," kata Dandim Kuningan. 

Dalam rangka pendisiplinan masker ini, Minggu lalu sudah dibentuk commission untuk pelaksanaan penegakkan disiplin protokol kesehatan maupun pemulihan ekonomi. Langsung yang menjadi ketua komite tersebut yaitu Erick Thohir, B.A., M.B.A. beserta wakilnya Wakasat dan Wakapolri. 

Sementara itu, Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik menambahkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini harus tegas namun tetap humanis dan dapat mengedukasi warga. (Abel Kiranti)

Penegakan Disiplin AKB Adaptasi Kebiasaan Baru apel gabungan

Komentar

Berita Terkait