Ba’da Maghrib Satu Unit Rumah di Cidahu Terbakar Cukup Hebat

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-11-09 07:33:39+07

Kondisi rumah sfs.jpg

Kondisi rumah Ardi (50) di Dusun Pahing, Rt. 003/001, Desa/Kecamatan Cidahu, saat terbakar pada Jum’at (8/11/2019), sekitar pukul 18.15 WIB.

 

Kuningan – Ba’da waktu maghrib atau sekira pukul 18.15 WIB kebakaran yang cukup hebat melahap seluruh bangunan rumah milik Ardi (50) di Dusun Pahing, Rt. 003/001, Desa/Kecamatan Cidahu, Jum’at (8/11/2019).

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan M. Khadafi Mufti, menerangkan, peristiwa bermula ketika saksi mata atas nama Toha (45) mendengar bunyi ledakan dari kamar bagian depan yang disusul dengan munculnya asap putih dan api yang besar.

“Kemudian saksi memberitahukan kepada warga sekitar bahwa telah terjadi kebakaran, yang saat itu rumah yang terbakar dalam keadaan kosong,” terang Khadafi kepada bingkaiwarta.com.

Dan dengan menggunakan peralatan seadanya warga mencoba memadamkan api. Namun karena api sangat besar dan berada di pemukiman padat penduduk, baru pada pukul 18.17 wib saksi melaporkan kejadian kebakaran ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan.

“Untuk merespon laporan tersebut kami mengerahkan dua unit kendaraan dinas Damkar dan 6 orang Anggota Regu 3. Tiba di TKP sekitar pukul 18.40 WIB, kurang lebih 25 Menit. Dibantu warga setempat,  Anggota Satpol PP Kecamatan Cidahu, Anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas, api bisa dipadamkan pukul 19.40 WIB atau sekitar 1 jam,” tuturnya.

Khadafi pun menduga akibat peristiwa ini menyebabkan kerugian hingga mencapai Rp. 240 juta. Hal ini disebabkan oleh terbakarnya bangunan seluas kurang lebih 150 m² ditambah surat-surat berharga dan juga perabotan rumah.

Dari peristiwa ini ia menghimbau agar kedepan warga lebih berhati-hati lagi terhadap segala jenis potensi bahaya kebakaran yang biasanya dipicu akibat konsleting listrik, kebocoran/ kebakaran gas, dan pembakaran sampah.

“Dan dihimbau kepada aparat pemerintah desa juga dapat menyediakan sistem proteksi pencegahan di lingkungan/tempat tinggal dengan menyediakan seperti tabung Apar, Tandon Air dan hydran,” katanya.

Sedangkan apabila terjadi kebakaran segera laporkan ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan di nomor (0232) 871113. Layanan Gratis/tidak dipungut biaya apapun. (Abel Kiranti)

14 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories