312
Wednesday, 12 August 2020 14:36 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Babinsa Legokherang Berhasil Amankan Pencuri Gabah

Babinsa Legokherang Berhasil Amankan Pencuri Gabah

Bingkaiwarta, CILEBAK - Babinsa Desa Legokherang, Koramil Subang, Sertu Rohmat Pujianto berhasil mengamankan seorang pemuda yang tengah menjadi bulan-bulanan warga karena tertangkap basah mencuri dua karung gabah, Selasa (11/8/2020).
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun bingkaiawarta.com, peristiwa itu terjadi di lingkungan Dusun Kliwon, Desa Legokherang, Kecamatan Cilebak, sekitar pukul 11.00 WIB. "Saat itu, saya tengah menjalankan tugas rutin patroli wilayah ke Desa Legokherang, melihat ada kerumunan warga. Saya pun langsung mendekati untuk mencari tahu. Namun alangkah kagetnya, ternyata di tengah kerumunan tersebut ada seorang pemuda tanggung yang tengah jadi bulan-bulanan warga," ungkap Sertu Rohmat kepada bingkaiwarta.com, Rabu (12/8/2020).
 
Dengan spontan, Rohmat meminta warga menghentikan aksi main hakim tersebut dan mengamankan pelaku. Saat itu Kondisi pelaku sudah babak belur, sehingga untuk mencegah aksi warga semakin brutal yang dapat mengancam nyawa pelaku, segera dia amankan.
 
"Pelaku pencurian gabah bernama Sarkiman (25) yang ternyata merupakan masih warga setempat. Sarkiman menjadi bulan-bulanan warga setelah tertangkap basah menjual dua karung gabah milik Sarkinah tetangganya sendiri," terangnya.
 
Ia melanjutkan, pemuda desa ternyata sudah mengincar pelaku, sampai akhirnya terlihat pelaku membawa dua karung gabah milik Ibu Sarkinah menggunakan motor lalu menjualnya. Saat pulang, warga langsung menginterogasi pelaku kemudian terjadilah keributan
 
Atas kejadian itu, Rohmat pun langsung berkoordinasi dengan Polsek Subang dan Pemerintah Desa Legokherang serta tokoh masyarakat setempat untuk menyelesaikan kasus pencurian gabah dengan pelaku Sarkiman ini. Sempat ditawarkan untuk menyelesaikan kasus tersebut dengan jalan kekeluargaan mengingat kerugian materil yang ditimbulkan terbilang kecil, namun ternyata ditolak warga.
 
"Alasan warga, keberadaan pelaku sudah sangat meresahkan. Sudah banyak warga yang mengaku kehilangan hasil kebun seperti kelapa, pisang hingga barang-barang pribadi seperti handphone dan lain-lain. Pelaku pun mengaku sudah 16 kali melakukan pencurian di lingkungan. Atas kesepakatan warga, akhirnya pelaku dibawa ke Polsek Subang untuk pemeriksaan lebih lanjut," jelasnya. 
 
Sementara itu, Kapolsek Subang Iptu Wawan Hernawan membenarkan kejadian tersebut dan kini pelaku tengah dalam pemeriksaan anggotanya.
 
"Pelaku sedang kami periksa. Barang bukti dua karung gabah sudah kami amankan, dan kini kasusnya masih kami dalami," tandasnya. (Abel Kiranti)
babinsa cilebak pencuri gabah

Komentar

Berita Terkait