213
Sunday, 06 September 2020 15:29 (2 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Bakar Sampah Ditinggal, Api Melahap Lahan

Bakar Sampah Ditinggal, Api Melahap Lahan

Bingkaiwarta, CILIMUS - Diduga adanya pembakaran sampah yang ditinggalkan, lahan seluas 300 M² terbakar sekitar pukul 21.00 WIB, Sabtu (5/9/2020).

Menurut keterangan Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan Mh. Khadafi Mufti mengatakan, lahan seluas 300 M² tersebut adalah milik H. Mamat Rahmat (55th) yang beralamat di Dusun Wage RT 05 RW 16 Desa Cilimus, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

"Lokasinya dibelakang Gudang Toko Besi dan Gudang tepung blok kandang sapi Desa Bandorasa Wetan Kecamatan Cilimus. Menurut saksi mata, Dedi Rianto (44) yang merupakan pegawai Toko Besi dan Gudang Tepung, sekitar pukul 21.25 WIB melihat asap dan juga titik api dari limbah sampah dibelakang gudang. Saat itu juga, saksi langsung melaporkan kejadian kebakaran ke Kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan," kata Khadafi kepada bingkaiwarta.com, Minggu (6/9/2020).

Dengan 1 unit damkar dan lima (5) anggota Damkar serta dibantu pegawai Toko Besi dan lima (5) orang anggota Polsek Cilimus, pukul 22.45 WIB akhirnya api dapat dipadamkan. "Penyebab kebakaran diduga adanya aktifitas pembakaran sampah kemudian ditinggalkan sehingga merambat ke tumpukan kayu," ungkapnya.

Dia menambahkan, apabila hal ini dibiarkan maka debu bekas kebakaran dapat membahayakan kesehatan untuk warga disekitar lokasi bekas kebakaran dan dapat merembet ke bangunan rumah. "Apabila dibiarkan kebakaran lahan dimaksud dapat merambat ke bangunan Sangkan Aqua Park, Toko Besi, dan pemukiman Bandorasa," imbuhnya.

Dengan kejadian tersebut, Khadafi menghimbau kepada seluruh warga masyarakat sekitar agar jangan membekar ilalang untuk membersihkan lahan, membuang sampah dengan cara dibakar, karena hal ini dapat menimbulkan kebakaran /kerugian yang sangat besar. (Abel Kiranti)

UPT Damkar Satpol PP Khadafi Mufti pembakaran sampah

Komentar

Berita Terkait