Bangunan 2 Lantai yang Biasa Digunakan Sebagai Tempat Mengaji Terbakar Sore Tadi

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-03-15 21:13:46+07

Bangunan 2 Lantai yang Biasa Digunakan SSSengaji Terbakar Sore Tadi.jpg

Petugas Damkar berusaha memadamkan api dalam peristiwa kebakaran di rumah dua lantai di Blok Cikawung, Rt. 01/02, Desa/Kecamatan Nusaherang, Jum’at (15/03/2019), sore tadi sekitar pukul 16.30 WIB.

 

Kuningan – Bangunan rumah dua lantai di Blok Cikawung, Rt. 01/02, Desa/Kecamatan Nusaherang, yang biasa digunakan sebagai tempat mengaji terbakar pada Jum’at (15/03/2019), sore tadi sekitar pukul 16.30 WIB. Bangunan ini diketahui milik Ustadz Sofyan, warga setempat.

Menurut Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan M. Khadafi Mufti, peristiwa kebakaran ini diduga akibat meledaknya sebuah telepon genggam atau handphone yang sedang diisi daya. Handphone diduga meledak sehingga memercikan api ke tumpukan buku.

"Sekitar pukul 16.30 WIB terdengar suara ledakan dari lantai dua rumah. Disusul dengan kepulan asap dan api. Kejadian pertama kali terlihat oleh warga yang sedang melakukan aktifitas pengajian. Rumah tersebut merupakan tempat pondok atau pengajian warga," tutur Khadafi.

Pihaknya mendapat laporan 10 menit pasca kebakaran. Tim pemadam kemudian menurunkan 1 mobil damkar yang beranggotakan 6 orang. Petugas berjibaku saat memadamkan api karena api berkobar cukup hebat.

Beruntung selama kurang lebih 1 jam 30 menit api bisa dipadamkan meski bangunan di lantai 2 mengalami kerusakan parah. Sementara di lantai 1 dapat diselamatkan.

"Tidak ada korban jiwa. Alhamdulilah sudah dipadamkan dalam waktu kurang lebih 1 jam 30 menit. Kita dibantu aparat desa, Babinsa, Anggota Polsek Darma, Anggota Satpol PP Kecamatan Nusaherang dan warga sekitar. Sudah padam sekira pukul 18.30 WIB," tutur Khadafi.

Sementara itu, total kerugian ditaksir mencapai hingga Rp. 55 juta. Hal ini dikarenakan kerusakan di lantai 2, surat-surat berharga, termasuk berbagai properti rumah seperti kursi dan meja.

Atas kejadian ini Khadafi menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan  agar tetap waspada dalam menyikapi bahaya kebakaran.

Karena menurutnya hal itu bisa terjadi kapan pun dan dimana pun. Kunci menghindari itu yakni dengan tidak melakukan aktifitas yang dapat membahayakan dan memicu terjadinya kebakaran.

Kemudian, agar disosialisasikan bahaya kebakaran oleh setiap perangkat desa. Jangan lupa juga untuk menyediakan sarana pencegahan kebakaran di wilayah masing-masing seperti Tabung Apar, Hydran, tandon air atau pasir.

"Terakhir, cepatnya laporan kejadian kebakaran dapat menyelamatkan harta benda dan nyawa," tandas Khadafi. (Abel Kiranti)

2 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com













Berita Terkini

Categories