Banjir Luapan Sungai Cijangkelok Kecamatan Cibingbin Menuai Respon Cepat Dari Muspida Kuningan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-01-23 19:17:31+07

Banjir Luapan Sungai Cijangkelok PS.jpg

Bupati Kuningan Acep Purnama menyerahkan langsung bantuan kepada para korban banjir di Kecamatan Cibingbin, Senin (23/1)

 

Kuningan – Banjir luapan sungai Cijangkelok yang merendam 7 desa di Kecamatan Cibingbin senja kemarin menuai respon cepat dari Pemerintahan Kabupaten Kuningan, serta langsung melakukan tindak pertolongan, sekaligus memberikan bantuan kepada para korban bencana, Senin (23/1).

Sejak pagi Bupati Kuningan Acep Purnama sudah tampak di lokasi bencana, Desa/Kecamatan Cibingbin bersama Kapolres Kuningan AKBP M. Syahduddy yang memimpin langsung pembersihan sisa-sisa air dan lumpur yang masih menggenangi rumah warga, sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan yang ditampung di posko bantuan.

“Beberapa kejadian bencana sejak datangnya musim penghujan banyak menimpa saudara-saudara kita di beberapa wilayah di Kabupaten Kuningan, seperti di Cilayung, Kecamatan Ciwaru beberapa waktu lalu, dan sekarang di 7 desa yang ada di Kecamatan Cibingbin, ini tentu mengundang keperihatinan, serta tanggung jawab kita untuk melakukan tindakan penanggulangan yang efektif,” ujar Acep kepada BINGKAI WARTA.

Acep menyebutkan, melihat cuaca ekstrim yang tidak menentu seperti sekarang ini, sudah semestinya masyarakat, terutama yang tinggal di daerah rawan bencana selalu waspada, juga siaga saat gejala-gejala alam yang menandakan akan timbulnya musibah, seperti longsor, atau banjir terjadi.

Dan kesiagaan itu-pun, kata Acep, dia tekankan pula pada jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), untuk cepat tanggap setiap ada kejadian bencana, tanpa harus menunggu waktu lama, langsung terjun melakukan penanggulangan, meski di wilayah paling pelosok di Kabupaten Kuningan.

“Saya sangat bersyukur, karena hingga saat ini pihak BPBD Kuningan selalu tampil terdepan dalam melakukan tindakan penanggulangan setiap terjadi musibah di Kabupaten Kuningan. Dan di musibah yang melanda Kecamatan Cibingbin ini, jajaran Polres Kuningan, TNI, dan unsur Muspida lainnya juga turun membantu, melakukan pertolongan sejak malam kejadian,” katanya.

Sehingga dalam proses pembersihan sisa air dan lumpur di rumah rumah warga akibat dari kejadian banjir tadi malam, lanjut Acep, bisa cepat terselesaikan, karena selain dilakukan oleh warga setempat, dan pihak BPBD, unsur Muspida juga turun langsung melakukan bantuan.

Sementara Kapolres Kuningan AKBP M. Syahduddy mengungkapkan, selain langsung mendirikan posko bantuan, pihaknya juga telah menurunkan 250 personil untuk pokus melakukan pengamanan, pembersihan rumah warga, terutama di 3 desa yang terdampak cukup parah, seperti Desa Citenjo, Dukuhbadag, dan Desa Cibingbin.

“Kami menurunkan personil sejak tadi malam, dimana mereka langsung melakukan pengamanan kondisi daerah bencana yang mengalami mati listrik, serta hingga siang ini mereka terus melakukan pembersihan di tiap rumah warga yang rumahnya masih digenangi sisa air dan lumpur,” terangnya. (Opik Hidayat/Elly Said)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories