366
Tuesday, 01 June 2021 19:08 (2 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Bantu Atasi Kesulitan Rakyat, Aster Panglima TNI Turun Gunung

Bantu Atasi Kesulitan Rakyat, Aster Panglima TNI Turun Gunung

Bingkaiwarta, CIDAHU - Bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila 1 Juni 1945, Korem 063/SGJ menggelar salah satu Program Unggulan TNI dan satuan kewilayahan yaitu Serbuan Teritorial. Dengan semangat Pancasila didada, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni membuka acara Serbuan Teritorial TA. 2021 di wilayah Kabupaten Kuningan tepatnya di Lapangan Tembak Macan Tamiang Desa Datar, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan, Selasa (1/06/21).

Tujuan dari kegiatan Serbuan Teritorial merupakan pengabdian berorentasi kepada kepentingan nasional yang di wujudkan melalui Serbuan Teritorial TNI guna membantu mengatasi kesulitan rakyat. Serbuan Teritorial TNI juga akan memantapkan kemanunggulan TNI dengan rakyat.

photo_2021-06-01_18-24-55Adapun sasaran kegiatan Serbuan Teritorial di wilayah Kodim 0615/Kuningan, yaitu pembangunan jalan dan rutilahu di Desa Datar, Kecamatan Cidahu, dan pembangunan saluran air bersih atau pipanisasi di Desa Cipedes, Kecamatan Ciniru.

Kegiatan Serbuan Teritorial ini diawali dengan acara pembukaan dan dilanjutkan dengan kegiatan Komunikasi Sosial TNI dengan Komponen Masyarakat Kabupaten Kuningan TA 2021 yang diikuti sekitar 120 orang.

Aster Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Komunikasi Sosial TNI dengan masyarakat khususnya Kecamatan Cidahu merupakan bagian dari metode pembinaan teritorial yang memiliki tujuan agar terpeliharanya komunikasi dan silaturahmi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh pemuda. Serta terjalin sinergitas dalam mewujudkan kondisi yang tangguh di era pandemi Covid 19.

Ia menjelaskan, dalam hal percepatan penanganan Covid- 19 melalui program PPKM mikro dan program vaksinasi serta membantu pemerintah di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang bersifat fisik maupun nonfisik dan memantapkan kemanunggalan TNI rakyat dalam rangka mewujudkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh guna menciptakan suasana yang kondusif sehingga terwujudnya stabilitas keamanan di masa pandemi Covid-19. 

"Di posko-posko PPKM sudah bersinergi antara Puskesmas, Babinsa dan bhabinkamtibmas membantu didalam menjalankan PPKM setelah mendukung program PPKM yaitu pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat," jelas Mayjen Madsuni.

photo_2021-06-01_18-24-41Selain itu, lanjutnya, untuk fasilitas masyarakat umum ada 15 rumah ibadah, kemudian sungai Cisanggarung. Kegiatan ini dilaksanakan oleh 0615 Kuningan Korem 063 Sunan Gunung Jati yang merupakan wujud membantu menangani kemanusiaan dengan tujuan membantu pemerintah daerah meningkatkan masyarakat dalam rangka memantapkan TNI dan rakyat serta mengobarkan semangat jiwa kebersamaan gotong royong serta partisipasi masyarakat dalam membangun daerahnya sehingga tercipta jiwa persatuan dan kesatuan yang kokoh kemanunggalan TNI.

Pada Kesempatan yang sama, Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P, dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Aster TNI atas pembangunan jalan dan pemasangan pipanisasi serta pembekalan wawasan kebangsaan kepada masyarakat Kabupaten Kuningan. 

"Sehingga dengan demikian akan memudahkan kami dalam meningkatkan pembinaan teritorial dalam rangka mewujudkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh," ujar Danrem.

Dikatakan Danrem, dengan adanya rencana pembangunan jalan dan pemasangan pipanisasi sebagai upaya perhatian dari mabes TNI terhadap masyarakat Kabupaten Kuningan. Dan tentunya ini akan menciptakan peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kuningan ditengah pandemi Covid-19.

"Kami sangat optimis dengan adanya bantuan mabes TNI dalam pembangunan sarana dan prasarana di Desa Datar, Desa Cipedes dan Desa Pinara. Ini akan meningkatkan nasionalisme dan rasa cinta tanah air serta meningkatkan semangat gotong royong," imbuhnya.

Dijelaskan Danrem, saat ini pertumbuhan ekonomi secara nasional di kuartal 2021 masih mengalami kontraksi - 0,74% dibandingkan tahun 2020. "Program saat ini kita berada di Kabupaten Kuningan yang memiliki luas wilayah 1.176 58 km2 dengan mayoritas pekerjaan penduduknya adalah petani," pungkasnya. (Abel Kiranti/Penrem 063)

tni ppkm cipedes ciniru kuningan

Komentar

Berita Terkait