286
Friday, 11 June 2021 17:58 (5 hari yang lalu)    Tulis Komentar

Banyak Kasus Kekerasan dan Kejahatan Pada Anak Tidak Terungkap

Banyak Kasus Kekerasan dan Kejahatan Pada Anak Tidak Terungkap

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Peran antara masyarakat dan pemerintah dalam perlindungan anak sangat diperlukan karena hingga saat ini sosialisasi tentang hal tersebut masih kurang cukup. 

Kelompok Masyarakat Peduli Perlindungan Anak (KMPPA) mengungkapkan fakta terkait kasus kekerasan dan kejahatan pada anak di Kabupaten Kuningan banyak yang tidak terungkap. 

"Kasus banyak yang tidak terungkap, bahkan mandek. Hal ini butuh perhatian serius dari Pemerintah Daerah. Ini pentingnya Sinergitas peran masyarakat dengan pemerintah daerah." jelas Ketua KMPPA Jawa Barat, Andri Mohammad Saftari, M.Pd, MH, kepada Bingkaiwarta, Jumat (11/6/2021). 

Andri yang menjabat juga sebagai Ketua KPAID Jawa Barat ini menuturkan, saat ini telah hadir KMPPA Kabupaten Kuningan yang bisa membantu Pemkab Kuningan dalam penyelenggaraan perlindungan anak. 

Sementara itu, Tim KMPPA Kabupaten Kuningan, Cecep Husein, sejauh ini telah melakukan pendampingan kasus terhadap anak di wilayah Kuningan diantaranya, kasus Bullying. 

"Saat itu korbannya ialah seorang siswi madrasah yang di-bully oleh temannya yang sudah berlangsung lama. Sehingga psikis anak tersebut menjadi terganggu, akibatnya rasa percaya diri anak tersebut hilang, tidak semangat sekolah, dan cenderung takut untuk berinteraksi dengan yang lainnya," ungkapnya. 

Menurut Cecep hal ini sudah diatur dalam pasal 25 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, mengamanatkan Peran Masyarakat dalam kegiatan perlindungan anak. 

Selain itu, lanjut Cecep, pada situasi pandemi sekarang ini banyak anak menjadi korban dari sistem pendidikan daring dan SDM pendidik yang belum siap. 

"Akibatnya anak tidak dapat secara optimal mengembangkan minat dan bakatnya. Ditambah juga kondisi keluarga yang membuat anak rawan mendapatkan kekerasan," imbuhnya. (rmdty)

Kmppa Perlindungan anak Bully

Komentar

Berita Terkait