109
Tuesday, 08 September 2020 19:58 (2 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Berpotensi Menjadi Desa Wisata, Bupati Kuningan Sambangi Longkewang

Berpotensi Menjadi Desa Wisata, Bupati Kuningan Sambangi Longkewang

Bingkaiwarta, CINIRU - Bupati Kuningan H. Acep Purnama sambangi masyarakat Desa Longkewang di Area Perkebunan Durian dan Alpukat, Curug Cimuncang Kecamatan Ciniru, Senin (07/09/2020). Dalam acara ini Bupati Kuningan didampingi oleh perwakilan dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kabag Umum, dan Kabag Protokol di lingkup Setda.

Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Desa, Pemdes Longkewang berupaya dengan maksimal untuk menggali potensi yang dimiliki oleh desa agar dapat dikembangkan menjadi lahan usaha yang diharapkan ke depannya mampu mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala desa beserta jajaran dan para tokoh masyarakat yang ada mereka memiliki semangat yang besar untuk memajukan wisata dan keunggulan lainnya, Desa Longkewang Kecamatan Ciniru memiliki cita-cita ingin memiliki ciri khas keunggulan desa.

(Baca : Menggali Potensi Desa Longkewang)

Menurut hasil kajian bersama, potensi desa yang potensial untuk dikembangkan diantaranya yaitu Curug Muncang di Blok Seureuh Beureum, Gunung Seta dan Gunung Aseupan, Lahan di Blok Jelegong, dan Bukit Kopeng.

Curug Muncang di Blok Seureuh Beureum merupakan potensi yang dapat dikembangkan menjadi tempat wisata alam. Selain itu, mulai dari jalan masuk menuju Curug menyuguhkan panorama yang indah dan udara yang sejuk sehingga dapat menarik perhatian wisatawan. Di sekitar jalan menuju Curug, jika dikelola dengan baik dapat ditanami tanaman seperti Mangga, Durian, Markisa, Pala dan lainnya sehingga menjadi hijau dan teduh.

Potensi lain yang menjadi unggulan adalah Lokasi di Blok Jelegong. Dataran yang luas diapit oleh Gunung Sela dan Gunung Mayana sangat potensial untuk dijadikan lahan Bumi Perkemahan. Sementara untuk Bukit Kopeng bisa dijadikan area paralayang dan kebun buah.

"Di waktu dekat ini akan ada kebijakan untuk lebih mempermudah akses jalan ke lokasi, yaitu dengan pelebaran jalan. Jalan yang akan dibangun ini merupakan jalan usaha tani yang akan membantu masyarakat untuk bertani, bercocok tanam dan berkebun sehingga Desa Longkewang dapat menjadi desa pinunjul yang memiliki beberapa komoditi termasuk diantaranya Durian dan Alpukat," kata Bupati Acep. (Abel Kiranti)

Desa Longkewang Perkebunan Durian Curug Cimuncang Ciniru

Komentar

Berita Terkait