Bimbingan Pengembangan Akses Pembiayaan UMKM Digelar Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat di Hotel Horison

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-06-27 19:51:06+07

Bimbingan Pengembangan Akses Pembiayaan UMKM Digelar Dinas Koperasi sdsds.jpg

Pimpinan Cabang BRI Kuningan Jeremia Siahaan, saat memaparkan materinya di hadapan pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan, di Hotel Horison Tirta Sanita Kuningan, Rabu-Kamis (26-27/06/2019).

 

Kuningan – Potensi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Negara Indonesia diperkirakan masih terus bermunculan. Namun sayangnya, para pelaku usaha tersebut kerap menemui masalah seperti usaha yang tidak berkembang dan bahkan hingga mengalami kebangkrutan.

Penyebab ketidakmampuan suatu usaha untuk berkembang atau melakukan ekspansi seringkali disebabkan oleh tidak adanya modal penunjang. Sehingga, banyak pelaku UMKM yang tetap berjalan di tempat, dan tidak mengalami perkembangan.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat berinisiatif menggelar kegiatan Bimbingan Pengembangan Akses Pembiayaan UMKM di Jawa Barat, yang digelar di Hotel Horison Tirta Sanita Kuningan, Rabu-Kamis (26-27/06/2019).

Acara tersebut diisi oleh 5 pemateri langsung yang terdiri dari Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kuningan, Deputi Bidang Pembiayaan Kementrian Koperasi dan UKM RI, Direktur Bank Jabar-Banten, Bank BRI Wilayah Jawa Barat, serta Telkom Regional Jawa Barat.

Adapun materi yang mereka bawakan diantaranya tentang kebijakan pemerintah dalam rangka peningkatan  daya saing produk UMKM, dukungan pemerintah terhadap pengembangan usaha kecil melalui program bantuan pemerintah bagi wirausaha pemula tahun 2019, dan dukungan pembiayaan UKM melalui program pembiayaan bank BJB.

Selain itu, dukungan pembiayaan UKM melalui program pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan juga dukungan pembiayaan UKM melalui program pembiayaan program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kuningn Ir. Bunbun Budhiyasa menerangkan, tujuan dilakukannya kegiatan tersebut adalah untuk penguatan akses pembiayaan usaha UMKM Jawa Barat, yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat.

Dia berharap dari materi yang sudah disampaikan dapat dipahami oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan karena hal itu ia nilai sangat bermanfaat bagi kehidupan iklim usahanya, khususnya di bidang pembiayaan.

“Sudah dijelaskan juga bahwa pada umumnya bantuan pembiayaan itu bermanfaat bagi UMKM karena pada dasarnya bisa memperluas usaha, juga menjadikan usaha lebih produktif lagi. Selain itu, dalam segi pemerintahan apabila pembiayaan ini berjalan maka akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.Ya saya harap ini akan bermanfaat banyak,” tuturnya. (Abel Kiranti)

4 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, EKONOMI

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories