BKD Penuhi Panggilan Komisi I DPRD Terkait Proses Mutasi Di Lingkungan Pemkab Kuningan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-01-13 16:33:23+07

BKD Penuhi Panggilan Komisi I DPRD Terkait Proses Mutasi PS.jpg

Rapat dengar pendapat terkait proses mutasi di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kuningan antara pihak BKD dengan Komisi I DPRD di ruang Banmus DPRD, kemarin.

 

Kuningan – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) penuhi surat panggilan yang dilayangkan Komisi I DPRD, dan langsung melakukan rapat dengar pendapat terkait proses mutasi di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kuningan di ruang Banmus DPRD, Kamis (12/1).

Ketua Komisi I DPRD Kuningan Yayat Ahdiana menyebutkan, pihaknya telah melakukan dengar pendapat dan komunikasi terbuka dengan pihak Baperjakat, yang langsung dihadiri Ketuanya Sekda Kabupaten Kuningan Yosep Setiawan, serta BKD selaku sekretaris Baperjakat.

“Kami telah melakukan dengar pendapat dan komunikasi terbuka dengan Baperjakat, dan mereka memberikan paparan terkait proses mutasi beberapa waktu lalu, dimana menurut mereka, telah melakukan pekerjaan secara maksimal untuk pelaksanaan mutasi tersebut,” tutur Yayat kepada BINGKAI WARTA, Jumat (13/1).

Tapi memang, kata Yayat, mereka juga mengakui bahwa semua yang dikerjakan sesuai dengan batas kewenangan, disamping itu ada hal-hal diluar kemampuan dan kapasitas mereka, kaitan dengan penempatan orang-orang didalam jabatan pada mutasi besar-besaran yang berlangsung di akhir bulan Desember 2016 silam itu.

Disebutkan Yayat, dalam rapat tersebut, Komisi I juga sempat mempertanyakan soal bagaimana proses mutasi dalam penetapan jabatan yang diduduki para pejabat kepada Baperjakat, dan mendapat jawaban bahwa, hanya sekitar 70% saja hasil yang dikerjakan oleh Baperjakat, serta dapat disetujui, itu berarti 30% sisanya menjadi bahan kajian bersama, karena di luar kewenangan Baperjakat.

Sementara itu di tempat yang sama Ketua Baperjakat Kuningan Drs Yosep Setiawan MSi mengatakan, jika memang ada kekurangan-kekurangan dari proses mutasi yang telah dilaksanakan, maka itu bisa diperbaiki bersama-sama, jadi tidak perlu berasumsi dulu bahwa proses mutasi yang dilakukan kemarin itu tidak baik.

“Kalau memang dari proses mutasi itu ada kekurangan-kekurangan, ya mari kita perbaiki bersama-sama di periode berikutnya. Karena, sudah ada komitmen dengan Komisi I bahwa akan ada evaluasi kinerja pejabat yang diangkat sekarang selama empat bulan ke depannya, jadi kita belum bisa menilai jika  hasil mutasi itu dicap jelek, jangan menilai seperti itu dulu,” kata Yosep.

Yosep hanya meminta, agar para pejabat yang ikut mutasi itu agar dapat bekerja terlebih dahulu dalam melaksanakan tugasnya selama empat bulan ke depan sesuai dengan kesepakatan rapat bersama Komisi I DPRD, dan selama empat bulan itu akan dilakukan evaluasi baik oleh DPRD maupun Baperjakat.

“Kalau sesudah empat bulan ada hasil evaluasi dari pihak dewan, dan hasil evaluasi itu kita padukan dengan pihak kami nanti hasilnya jelek, ya harap maklum, kami siap melakukan re mutasi kembali. Bahkan, kita tidak hanya mengevaluasi pegawai, tapi juga mengevaluasi kelembagaan daerahnya, sudah cocok belum, nanti akan kita revisi juga supaya sesuai dengan keperluan dinasnya,” Terang Yosep. (Elly Said)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories