BKPSDM Jadi Pelopor Rencana Aksi Nasional Pencegahan Narkoba di Kabupaten Kuningan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-10-10 16:48:13+07

BKPSDM Menjadi Pelopor Rencana Aksi Nasional Pencegahan hdhdj.jpg

Pemaparan Rencana Aksi Pencegahan Narkoba di tubuh BKPSDM Kabupaten Kuningan, bersama BNN Kabupaten Kuningan.

 

Kuningan – Mengingat semakin beratnya permasalahan narkoba di Indonesia, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kuningan berupaya untuk menjadi pelopor renca aksi nasional pencegahan narkoba di Kabupaten Kuningan.

Kepala BKPSDM Kabupaten Kuningan Uca Somantri, M.Si, menjelaskan, hal itu akan dilakukan dengan cara memberikan test urine bagi aparatur sipil negara (ASN) dan calon ASN sehingga mereka bersih dari narkoba.

Menurut Uca, program pencegahan ini memang perlu didukung oleh semua pihak tidak terkecuali BKPSDM. Apalagi, program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN), itu sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Kuningan saat ini yaitu MAJU atau Makmur, Agamis, dan Pinunjul.

“Dengan mewujudkan ASN yang bersih narkoba maka akan berpengaruh pada kinerja mereka untuk melayani 1,2 juta penduduk Kuningan. Karena tidak mungkin mewujudkan Kuningan bersih narkoba jika ASN-nya saja tidak dapat menjadi teladan,” kata Uca kepada bingkaiwarta.com, Kamis (10/10/2019).

Uca menambahkan, upaya ini pun sejalan dengan pemerintah yang semakin memberikan perhatian lebih untuk penangannya. Presiden pun, kata Uca, terakhir menerbitkan Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2018-2019. Inpres ini ditujukan untuk semua pemimpin di Indonesia berkoordinasi dengan BNN untuk peningkatan P4GN. Pelaksanaannya pun tidak terkecuali di Kabupaten Kuningan.

Tampak pula dari perhatian Bupati Kuningan dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor: 462.4/686/Umum Tentang Optimalisasi Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap narkoba (P4GN) serta Pelaksanaan Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar).

“Salah satu isi surat tersebut menyatakan bahwa BKPSDM  untuk menjadi pusat pengadaan test urine bagi ASN dan calon ASN,” katanya.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kuningan Edi Heryadi, M.Si, menyambut baik upaya dari Kepala BKPSDM terkait P4GN dan Desa Bersinar.

Edi menghimbau dengan optimalisasi yang dipelopori oleh BKPSDM, SKPD-SKPD yang lain menunjukkan kerjasamanya dengan melaksanakan kegiatan serupa di instansi masing-masing.

“Seperti BKPSDM, kami harapkan SKPD di Kuningan bisa melaksanakan rencana aksi nasional yang meliputi pelaksanaan sosialisasi, test urine, pembetukan penggiat/relawan anti narkoba (PIC), bertukar informasi tentang data P4GN dan media luar ruang serta membuat regulasi di masing-masing SKPD,” ungkap Edi. (Abel Kiranti)

10 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories