1,420
Tuesday, 30 June 2020 18:39 (1 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Breaking News : Hasil Swab Massal Tahap Pertama, Sembilan Orang Terpapar Positif Covid-19

Breaking News : Hasil Swab Massal Tahap Pertama, Sembilan Orang Terpapar Positif Covid-19

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Bupati Kuningan yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan, H. Acep Purnama dalam konferensi perssnya menyampaikan terkait perkembangan informasi kasus Covid-19 di Kabupaten Kuningan.

Dijelaskan Bupati Kuningan, penanganan Covid-19 di Kabupaten Kuningan sudah maksimal sejak tanggal 29 Pebruari 2020 dengan agenda pembentukan Tim Gugus Tugas Covid-19, Crisis Center, Chek Point, KWP, PSBB sehingga direncanakan PSBB di Kabupaten Kuningan akan dicabut 100% dengan melihat update data selama 1 minggu kebelakang menunjukan kurva yang melandai. Bahkan, sudah zero kasus untuk yang positif swab. Namun, berdasarkan hasil Swab massal tahap pertama maka PSBB harus dipertimbangkan ulang kelanjutannya.

"Ada berita yang sangat mengejutkan kepada kita, dimana hasil Swab Massal atas intruksi Pak Gubernur yang dilakukan oleh seluruh Kabupaten/Kota se- Provinsi Jawa Barat, hasilnya kurang menggembirakan. Sejak tanggal 18 Juni Swab massal pertama dilaksanakan hampir 12 hari berproses, hasilnya baru tadi malam kita dapatkan. Dari 390 spesimen Swab Massal tahap tahap pertama, terdapat 9 orang yang positif Swab. Ini benar-benar membuat kita semua kaget," jelas Bupati Acep di Ruang Crisis Center Setda Kuningan, Selasa (30/6/2020).

Diakuinya, meski ini kabar meyedihkan tapi ini adalah sebuah kenyataan yang masyarakat harus tahu dan percaya akan informasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuningan. Masyarakat harus lebih waspada dan berhati-hati lagi akan bahaya penyebaran virus Covid-19.

"Pada awalnya PSBB Kabupaten Kuningan akan berakhir pada tanggal 26 Juni 2020 dan memasuki masa New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), tetapi berdasarkan hasil Swab Massal diatas maka PSBB akan diganti menjadi PSBM (Pembatasan Sosial Berskala Mikro) yang akan di fokuskan pada lokus tertentu sesuai dengan wilayah yang terpapar," terangnya.

Melihat fenomena demikian, menurutnya ini jelas akan berpengaruh terhadap pembatasan aktifitas sektor pariwisata, ekonomi, keagamaan (tabligh akbar), sosial budaya, kemasyarakatan (hajatan), dan olahraga massal. "Dengan demikian, kita akan meningkatkan lagi pelaksanaan Swab Massal untuk tahap-tahap selanjutnya untuk lebih mengetahui peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Kuningan. Begitupun patroli aparat keamanan mulai nanti malam akan diaktifkan kembali untuk menegakkan kedisiplinan masyarakat terutama jaga jarak dan mencegah kerumunan," ujarnya.

Sementara itu, Kadinkes Kuningan dr. Susi Lusiyanti menyebutkan dari 9 orang positif Swab diantaranya Kecamatan Cilimus 1 orang, Kecamatan Kramatmulya 3 orang, Kecamatan Kuningan 1 orang, Kecamatan Cigugur 1 orang, Kecamatan Darma 1 orang, dan Kecamatan Lebakwangi 2 orang.

"Ini adalah baru tahap pertama. Jujur saja berita ini cukup mengejutkan dan mengagetkan, tapi ini memang kenyataan yang harus kita terima. Kita bersama tim medis Covid-19 akan berembuk terkait kesembilan pasien positif Swab ini mau diapakan. Karena, kita juga belum tahu kondisi mereka apakah sehat wal'afiat, apakah dia tidak menyebar kemana-kemana, itu yang belum kita tracking sampai sekarang," ungkapnya. (Abel Kiranti)

Hasil Swab Massal Covid-19 Kabupaten Kuningan positif Swab PSBB

Komentar

Berita Terkait