222
Monday, 26 October 2020 19:34 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

BRI Kantor Cabang Kuningan Teken MoU Dengan Universitas Kuningan

BRI Kantor Cabang Kuningan Teken MoU Dengan Universitas Kuningan

Bingkaiwarta, KUNINGAN - BRI Kantor Cabang Kuningan menandatangani nota kesepahaman kerjasama (MoU) dan (MoA) dengan Universitas Kuningan, di Ruang Aula RM. Saung Ema, Jl. Raya Cigugur, Kuningan, Senin (26/10/2020).
 
Kerjasama ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pelayanan dan kemudahan bagi mahasiswa dan mahasiswi serta seluruh civitas akademika Uniku. Adapun nota kesepahaman yang tandatangani yaitu mengenai penerimaan pembayaran iuran mahasiswa Univeritas Kuningan serta pemanfaatan layanan jasa-jasa perbankan yang disediakan oleh BRI Kantor Cabang Kuningan.
 
Pimpinan Cabang BRI Kuningan, Jeremia DS Siahaan menjelaskan, saat ini BRI adalah bank yang terbesar dan tersebar di Indonesia. Bank BRI sendiri saat ini mempunyai nasabah berjumlah 58 juta orang. Tentunya jika dibandingkan dengan penduduk Malaysia, itu masih banyak nasabah BRI. 
 
Selain itu, Jeremia juga menyatakan, jika saat ini BRI adalah satu-satunya bank yang mengoperasikan satelit milik sendiri. "Pada tahun 2019, kami membeli satelit dari Amerika dan saat ini sudah mengupdate diatas Jaya Pura. Hal ini dikarenakan kami harus mengonlinekan lebih dari 10.000 unit kerja kami diseluruh Indonesia. Untuk Kuningan sendiri kita memiliki 1 kantor cabang dan 29 BRI unit ditambah mitra kami yang berjumlah 1800 agen BRILink yang tersebar diseluruh wilayah Kuningan," jelas Jeremia. 
 
Menurutnya, itu saja sudah menentukan infrastruktur yang baik belum lagi kalau kita bicara diseluruh Indonesia yang letaknya di kepulauan. Sehingga managemen menganggap investasi dibidang IT itu adalah suatu hal yang mutlak. "Oleh karena itu, kami mempunyai kesimpulan untuk mengambil satelit sendiri. Dan, ini satu-satunya bank di seluruh dunia yang memiliki satelit sendiri," ujarnya.
 
Dikatakan Jeremia, saat ini satelit milik BRI (BRIsat) itu tidak hanya digunakan oleh BRI, tetapi juga dimanfaatkan oleh negara. Jadi, dari 52 transforder itu hampir 15 transforder digunakan untuk kepentingan negara seperti Citra Satelit untuk kebakaran hutan yang dimanfaatkan oleh Kementrian Kehutanan, dan juga Kementrian Dalam Negeri, dalam hal pemanfaatan untuk penggunaan wilayah-wilayah di Indonesia menghubungkan data kependudukan. 
 
"Oleh karena itu, saya rasa tidak salah jika bapak/ ibu bermitra dengan BRI, harapannya adalah selain menggunakan jasa perbankan lainnya, mungkin akan ada transfer of knowladge. Terutama dari sisi IT yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bapak/ibu dalam mengelola Universitas Kuningan menjadi salah satu universitas terbaik di Jawa Barat," ungkapnya. 
 
Oleh karena itu, Jeremia mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kemitraan ini. "Saya secara pribadi berharap, dengan adanya kerjasama ini bisa lebih maju dikedua belah pihak. Saya harap kedepan kerjasama ini akan lebih menguntungkan juga bagi kedua belah pihak," harapnya.
 
Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan, Dr. Dikdik Harjadi, SE.,M.Si., mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Cabang BRI Kuningan yang telah memberikan kesempatan baik tersebut. "Berkaitan dengan kerja sama antara Uniku dengan BRI Cabang Kuningan adalah satu langkah maju yang sebetulnya sudah sejak lama, bahkan mungkin sejak Pak Jeremia belum ke Kuningan. Ini sempat beberapa kali digagas, dibicarakan tapi barangkali jodohnya baru ketemu sekarang dengan BRI Cabang Kuningan," kata Dr. Dikdik.
 
Pada prinsipnya, Dr. Dikdik mengatakan, kerjasama dengan pihak perbankan itu adalah satu hal yang tidak bisa ditawar-tawar. "Mahasiswa kami yang berjumlah sekitar 6400 ini, didalam proses pembayaran maupun transaksi yang lainnya ini membutuhkan fasilitas layanan dari perbankan. Dan, memang kami sudah bekerjasama dengan beberapa bank di Kabupaten Kuningan ini. Tetapi, kami tetap membuka kesempatan untuk membuka diri dan tentunya ini akan berpulang atau kembali kepada masing-masing bank untuk memberikan layanan kepada mahasiswa kami," terangnya.
Dia menambahkan, "Prinsip kami adalah bahwa bagaimana mahasiswa-mahasiswa kami ataupun para dosen kami mendapatkan layanan yang maksimal. Itu yang terpenting. Dan, kita tahu animo calon mahasiswa yang memanfaatkan layanan dari rekan-rekan diperbankan yang lainnya seperti apa, tetapi tentunya mahasiswalah yang akan mengevaluasi sendiri," imbuhnya.
 
Dikdik berharap dengan kerja sama ini mudah-mudahan BRI dengan jaringannya yang luar biasa dan satu-satunya bank yang memiliki unit-unit dikecamatan-kecamatan dapat mempermudah layanan bagi para mahasiswa. "Jadi mahasiswa yang berasal dari daerah-daerah bisa memanfaatkan layanan yang ada di masing-masing daerah tersebut. Ini juga akan menjadi kemudahan bagi mahasiswa. Tentunya, harapan kita bahwa kerjasama ini betul-betul bisa terealisasi dan bisa di permutasikan dengan baik dalam arti bahwa layanan yang diberikan BRI kepada Uniku yang diterima oleh mahasiswa merupakan layanan terbaik yang bisa kami terima. Dan, saya kira bukan hanya mahasiswa tapi juga rekan-rekan dosen dan karyawan bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh BRI," ungkapnya.
 
Selain itu, Dikdik juga berharap kedepannya agar program-program CSR dari BRI bisa menjadi salah satu prioritas kepada Uniku. Karena, mahasiswa Uniku mayoritas menengah kebawah. "Sehingga ketika ada CSR dari mitra-mitra kami ini tentu sangat membantu mereka," pungkasnya. (Abel Kiranti)
Mou BRI UNIKU KUNINGAN Kerjasama MoA civitas

Komentar

Berita Terkait