Bungurberes Kembali Dilanda Bencana Pergerakan Tanah Dan Longsor

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-02-10 17:10:07+07

photo_2019-02-10_17-06-27.jpg

TPT SDN 2 Bungurberes mengalami kerusakan dengan ukuran panjang 15 meter, lebar 1,2 meter dalam peristiwa pergerakan tanah dan longsor yang terjadi pada Minggu (10/2/2019)

 

Kuningan – Tingginya intensitas curah hujan disertai anging kencang menyebabkan dalam sepekan awal bulan Februari 2019 beberapa wilayah di Kabupaten Kuningan dilanda bencana alam, mulai banjir, angin puting beliung, hingga pergerakan tanah dan longsor.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin mengakui, telah terjadi bencana alam pada beberapa titik di Kabupaten Kuningan dalam sepekan ini, dan yang terbaru adalah kejadian pergerakan tanah dan longsor di wilayah yang bisa dikatakan paling sering mengalami bencana tersebut, yakni Desa Bungurberes, Kecamatan Cilebak.

Peristiwa pergerakan tanah dan longsor di Desa Bungurberes, tepatnya di Rt. 02/01, Rt. 03/10, Rt. 04/01, Dusun Bungur I, dan di Rt. 09/03, Dusun Bungur II, atau Bangbayang, Desa Bungurberes, kata Agus, terjadi pada sekitar pukul 01.00 WIB, Minggu (10/2/2019).

“Akibat dari bencana ini, tiga tembok penahan tanah (TPT) mengalami kerusakan diantaranya, TPT SDN 2 Bungurberes dengan ukuran panjang 15 meter, lebar 1,2 meter, tinggi 6 meter, kedua TPT rumah warga bernama Nurhadi berukuran panjang 12 meter, tinggi 5 meter, dan TPT rumah Karta sepanjang 5 meter, dan tinggi 5 meter,” ungkap Agus kepada bingkaiwarta.com.

Disamping jebolnya TPT yang mengakibatkan terancamnya bangunan sekolah dan rumah penduduk, sambung Agus, peristiwa pergerakan tanah dan longsor itu juga telah membuat dua unit rumah warga mengalami rusak sedang, dan dua lainnya rusak ringan.

Dijelaskan Agus, sebagai upaya darurat dalam penanganan bencana tersebut, pihak BPBD Kabupaten Kuningan telah menurunkan tim assessment, serta melakukan koordinasi dengan aparat desa setempat untuk rencana penanganan lebih lanjut.

“Disamping itu, kami juga melakukan mobilisasi sumber daya, bersama aparat desa dan masyarakat untuk melakukan upaya memperbaiki rumah yang terdampak dan memperbaiki serta membuat saluran drainase,” jelas Agus. (Yud’s)

 

14 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com



















Berita Terkini

Categories