Bupati Mengaku Bangga dengan Kegiatan yang Diselenggarakan oleh KAMUNING

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2020-01-26 20:48:53+07

Bupati Mengaku sfff.jpg

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH, pada kegiatan Try Out UM PTKIN KAMUNING UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, di gedung IPHI Kabupaten Kuningan, Jalan Ir. H. Juanda, Kelurahan Cijoho, Minggu (26/1/2020).

 

Kuningan – Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH, mengaku bangga dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Keluarga Mahasiswa Kuningan (KAMUNING) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, yang telah menyelenggarakan kegiatan positif berupa Try Out Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Kuningan, Jalan Ir. H. Juanda, Kelurahan Cijoho, Kecamatan Kuningan, Minggu (26/1/2020).

Ucapan itu disampaikan secara pribadi dan mewakili jajaran Pemerintah Kabupaten Kuningan, karena menurutnya, KAMUNING telah melaksanakan kegiatan yang cukup baik dan mulia yaitu berbagi pengalaman dan ilmu kepada generasi selanjutnya.

“Ada pepatah lebih baik saya diberikan panci untuk mendapatkan sesuatu, daripada saya diberikan ikan yang hanya untuk kebutuhan satu hari. Betul ya? Jadi Insya Allah hari ini, niat mulia ini, niat baik ini, marilah kita laksanakan dengan baik,” kata Bupati Kuningan.

Menurut Bupati, kegiatan ini sangat mulia karena sebagai bentuk kepedulian kakak kepada adik. Sehingga, para mahasiswa yang lebih dulu mengenyam pendidikan di PTKIN khususnya UIN, dapat memberikan pengalaman dan pelajaran kepada para siswa yang akan menjadi calon mahasiswa.

“Ini salah satu bentuk kepedulian dari kakak-kakaknya kepada adik-adiknya. Kita sama-sama saling mendoakan kepada kakak-kakak kita ini segera cepat menyelesaikan kuliahnya jadilah sarjana-sarjana, ulah sarjana yang abadi. Kakak-kakaknya tularkan adik-adiknya agar adik-adik saya ini besok dengan berbekal pengalaman hari ini bisa diterima di perguruan tinggi dimana pun sesuai dengan cita-citanya, aamiin,” ujarnya.

Sebagai senior, mahasiswa KAMUNING diharapkan Bupati dapat memberikan pengalaman terutama tentang jurusan yang dicita-citakan oleh para siswa. Sehingga, mereka selaku calon mahasiswa baru bisa menentukan jurusan perkuliahan sesuai dengan keinginannya.

Apalagi, lanjut Bupati, saat ini lembaga-lembaga pendidikan tengah berkompetisi untuk menunjukan eksitensi di tengah iklim kompetitif yang sangat ketat dan perkembangan revolusi industri 4.0.

“Itu sebuah kenyataan yang harus dihadapi dan tidak bisa dipungkiri atau dikesampingkan. Kita ditargetkan sekarang, mohon maaf kalau bangsa-bangsa yang lain seolah-olah lebih tinggi kemampuannya dari pada kita. Diakui atau tidak, disadari atau tidak, itulah kenyataan,” sebutnya.

Akan tetapi, sebagai manusia yang telah diberi pengetahuan, semangat, dan kemampuan, orang nomor satu di Kota Kuda ini mengajak seluruh peserta untuk bangkit melampaui kemampuan-kemampuan bangsa lain, “Kalau kita tertinggal kita hajar,” tandasnya.

Untuk itu, dirinya menekankan supaya para peserta yang merupakan pelajar SMA/SMK/MA se-derajat dapat menggunakan kesempatan Try Out UM PTKIN bersama KAMUNING UIN Bandung, untuk menggapai cita-cita.

“Maka dari itu pergunakanlah kesempatan ini sebaik mungkin, gantungkan cita-cita kalian, jagan berhenti sebagai siswa-siswi tapi harus bisa menjadi mahasiswa-mahasiswi,” imbaunya.

Acep tak ingin jika bangsa Indonesia harus dihadapkan pada kondisi lost generation. Ia tak mau jika generasi-generasi zaman dulu, millenial, dan gen z akan hilang di kemudian hari dalam kurun waktu yang lama.

“Oleh karenanya satu pesan saja dari Bapak, pergunakan waktu sebaik mungkin. Jangan lewatkan waktu berlalu begitu saja. Tapi jalani lah waktu-waktu ini dengan kebaikan-kebaikan, kerjakan sesuatu yang bernilai dan bermanfaat, pergunakanlah waktu untuk menjadi uang, dan dari semua itu ciptakan peluang pekerjaan,” ujarnya.

Sekadar untuk diketahui, Try Out UM PTKIN merupakan sebuah program yang digagas oleh KAMUNING UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, dalam rangka ulang tahun organisasi yang ke-7.

Kegiatannya diisi dengan berbagai acara seperti seminar kewirausahaan oleh pembicara Ageng Sutrisno Wisanggeni Wicaksono, penyampaian jalur masuk PTKIN, pemutaran video seputar profil UIN, dan pengumuman hasil Try Out.

Ketua Umum KAMUNING Raihan Nasrullah, berharap dengan kegaitan tersebut dapat memfasilitasi para siswa di Kabupaten Kuningan yang ingin meneruskan pendidikan tinggi ke Universitas Islam Negeri atau kampus-kampus lainnya di seluruh Indonesia. (TedyAgeng)

27 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK, PENDIDIKAN

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com












Berita Terkini

Categories