578
Tuesday, 04 August 2020 20:34 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Bupati Siapkan Langkah Strategis Hadapi Gejolak Batu Satangtung

Bupati Siapkan Langkah Strategis Hadapi Gejolak Batu Satangtung

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Adanya proses kajian masyarakat Adat Karuhun Urang (AKUR) Sunda Wiwitan oleh tim gabungan Bupati Kuningan dan Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur terkait Batu Satangtung, Bupati Kuningan H. Acep Purnama menegaskan, jika pihaknya sedang mengkomunikasikan dengan semua pihak yang keberatan maupun tidak keberatan.

"Kita sedang mendalami dan mengkaji. Terkait pembentukan tim pengkaji sebetulnya itu sudah dari dulu, sudah berjalan. Hanya sejalan dengan munculnya gejolak-gejolak dari mulai keberatan sampai terakhir penolakan, kami perlu melakukan langkah-langkah yang cukup strategis dalam rangka membangun kondusifitas daerah," jelas Bupati Acep kepada bingkaiwarta.com, Selasa (4/8/2020).

Diakui bupati, apa yang dibicarakannya dalam rakor tim pengkajian tersebut adalah tentang masalah prosedural. " Ada yang keberatan dari sana sini tapi sekarang sudah terkomunikasikan dengan baik. Saya pernah berkunjung ke Paseban, begitupun dari Pasebannya, dimana semuanya kita membicarakan masalah prosedural. Ke masyarakat pun kami sudah melakukan komunikasi dan komunikasi ini pun tidak cukup satu kali. Mungkin ada yang kurang paham, belum dipahami dan kami pun menerima masukan-masukan terkait dengan keberatan-keberatan yang mana. Dari sisi mana, alasannya apa dan lain sebagainya," ujarnya.

Diungkapkan bupati, jika pihaknya ingin  berada ditengah-tengah untuk bisa mengakomodir semua pendapat-pendapat. "Namun pendapat-pendapat itu yang akan menjadi dasar pertimbangan dan saya mohon apabila pemerintah daerah menetapkan kebijakan itu adalah yang terbaik. Dan, kami berdasar kepada regulasi peraturan yang ada," tegas Bupati Acep. (Abel Kiranti)

Adat Karuhun Urang AKUR Sunda Wiwitan Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur

Komentar

Berita Terkait