Capaian Visi Kuningan MAS Dinilai Masih Harus Dievaluasi

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-02-02 21:36:52+07

Capaian Visi Kuningan MAS Dinilai Masih Harus Dievaluasi PS.jpg

Yusron Kholid, Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kuningan, saat ditemui BINGKAI WARTA diruang kerjanya, Kamis (2/2).

 

Kuningan – Upaya untuk mewujudukan masyarakat yang agamis dan sejahtera tidak hanya dilakukan sepihak oleh Pemda Kuningan semata, jauh – jauh hari, sebelas tahun yang lalu, Kementrian Agama Kabupaten Kuningan, terlebih dahulu mengukuhkan visi itu dan terus berkomitmen mewujudkannya.

Hal itu disampaikan Yusron Kholid, selaku Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kuningan, saat ditemui BINGKAI WARTA diruang kerjanya, Kamis (2/2). Menurutnya, visi tersebut, telah berjalan kurang lebih empat tahun. Namun dirinya menyadari, dalam kurun waktu yang lama itu, hingga kini, kondisi masyarakat kota kuda, masih jauh dari kategori agamis dan sejahtera.

“Sudah sebelas tahun visi itu kami sepakati. Sampai saat ini belum berubah dan belum diganti. Kenapa demikian, karena masyarakat Kuningan belum sepenuhnya agamis dan sejahtera,” kata Yusron.

Untuk bisa mencapai tujuan itu, dia menegaskan, Seksi Bimas Islam yang baru beberapa bulan dipimpinnya, sudah melakukan terobosan dan langkah-langkah kongkrit. Bersama Kantor Urusan Agama (KUA) dan penyuluh di semua kecamatan se-Kabupaten Kuningan, pihaknya mulai melaksanakan program-program pembinaan langsung terhadap masyarakat.

“Kami berdayakan Kepala KUA, penyuluh di setiap kecamatan dan bagian kesra di desa-desa. Bersama mereka kami kembali konsen, serius melakukan pembinaan keagamaan kepada seluruh masyarakat. Termasuk juga kepada para pelajar di tingkat SLTP dan SLTA. Kami sosialisasikan Undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan. Ini kami lakukan supaya mereka yang usianya masih remaja, tidak melakukan pernikahan dini,” tuturnya.

Pejabat Kemenag yang dinilai layak menjadi Bupati atau Wakil Kuningan itu menerangkan, pihaknya juga terus menjalin kordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan. Karena menurutnya, selain memiliki visi yang sama, kehadiran Kementerian Agama di tingkat kabupaten, sejatinya untuk ikut serta menyukseskan pembangunan daerah dibidang keagamaan.

“Kami ditugaskan negara untuk selalu bersinergi dengan Pemda dalam membangun masyarakat dan mengamankan kebijakan-kebijakan lainya. Karena itu, kami selalu berkordinasi dengan bupati supaya bisa terlibat bersama-sama membangun masyarakat yang agamis dan sejahtera. Baik bekerjasama dengan BNNK, Kepolisian atau lembaga-lembaga yang lainnya. Kami siap,” Pungkas Yusron. (Tatang Budiman)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories