327
Wednesday, 05 August 2020 20:26 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Cegah Kebakaran Hutan, Kodim 0615/Kuningan Membuat Sekat Bakar

Cegah Kebakaran Hutan, Kodim 0615/Kuningan Membuat Sekat Bakar

Bingkaiwarta, CILIMUS - Sebagai upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kuningan khususnya di kawasan TNGC, Kodim 0615/Kuningan dan pihak TNGC lakukan pembersihan jalur garis sebagai sekat bakar di kawasan TNGC, Rabu (5/8/2020).

Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi Karter Joyi Lumi mengatakan, Kabupaten Kuningan merupakan salah satu wilayah rawan kebakaran. Oleh karenanya, ia menurunkan personilnya untuk membuat sekat bakar di kawasan TNGC sebagai upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kuningan khususnya kawasan TNGC yang membentang dari objek wisata Palutungan Kecamatan Cigugur sampai dengan objek wisata Karang Sari Kecamatan Darma (panjang +/- 10 Km dengan lebar 3 M).

"Jalur garis ini selain difungsikan sebagai sekat bakar dapat juga digunakan sebagai wisata off-road dan trail adventure serta sepeda downhill di wilayah Kuningan," kata Dandim Kuningan kepada bingkaiwarta.com.

Ia menuturkan, upaya dan tindakan dalam mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan sudah digaungkan oleh seluruh personil Kodim 0615/Kuningan kepada masyarakat. Terutama masyarakat yang berada di kawasan rawan kebakaran lahan.

"Kita sudah berikan arahan dan edukasi kepada masyarakat seperti dilarang melakukan pembukaan lahan/ladang dengan cara pembakaran, dilarang membuang puntung rokok sembarangan, dilarang mencari madu hutan dengan menggunakan api dan dilarang camping atau berkemah dengan api unggun serta dilarang berburu dengan senjata api," tuturnya.

Adapun kegiatan pembuatan sekat bakar ini diikuti juga oleh beberapa organisasi dan juga perkumpulan, yaitu:

  • Perkumpulan masyarakat Urban Palutungan 20 orang 
  • Obyek Daya Tarik Wisata Alam Pasirbatang Karangsari dan warga desa karangsari 15 orang 
  • Kodim 0615 /Kuningan dan SILAT (Siliwangi Adventure Trail) 13 orang

Dandim menghimbau agar masyarakat bisa lebih waspada di musim kemarau ini. Hindari hal-hal yang dapat mengakibatkan kebakaran dan merugikan baik bagi diri sendiri maupun orang lain. (Abel Kiranti)

Cegah Kebakaran Hutan Kebakaran Hutan karhutla Kodim 0615/Kuningan Sekat Bakar

Komentar

Berita Terkait