284
Friday, 13 November 2020 19:44 (2 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Cegah Penyakit Tidak Menular, Desa Sukasari Gelar Posbindu

Cegah Penyakit Tidak Menular, Desa Sukasari Gelar Posbindu

Bingkaiwarta, MANDIRANCAN - Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda menghadiri kegiatan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) di Aula Desa Sukasari, Kecamatan Mandirancan, Jumat (13/11/2020). Hadir dalam kesempatan tersebut, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Mandirancan, Kades Sukasari, Nana Lukmana beserta Ketua TP PKK Desa Sukasari.
 
Kegiatan yang digelar Puskesmas Mandirancan tersebut, bertujuan untuk mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM).
 
Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda menyampaikan, bahwa kegiatan Posbindu merupakan suatu bentuk pelayanan yang melibatkan peran serta masyarakat melalui upaya promotif dan preventif untuk mendeteksi dan mengendalikan secara dini keberadaan faktor risiko penyakit tidak menular (PTM).
”Saya sangat mendukung kegiatan Posbindu yang dilaksanakan Puskesmas Mandirancan ini, yang datang langsung atau jemput bola untuk memeriksa kesehatan masyarakat, terutama dalam mendeteksi kesehatan sejak dini, sehingga jika terdapat keluhan dari masyarakat bisa segera diatasi," ujarnya.
 
Oleh sebab itu Wabup berharap, kegiatan Posbindu dapat dilaksanakan secara rutin setiap bulannya. Karena menurutnya, sangat bermanfaat dan bertujuan lebih kepada peningkatan kesejahteraan hidup bagi masyarakat yang sudah berumur, termasuk juga lansia dan lebih di kedepankan terhadap kontrol PTM.
 
”Dengan adanya kegiatan Posbindu ini, maka masyarakat yang memiliki penyakit tidak menular akan dapat terkontrol, sehingga derajat hidup mereka akan semakin baik. Jika ada keluhan maka bisa langsung ditangani oleh tenaga medis dari Puskesmas. Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati,” imbuhnya.
 
Wabup juga mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari dengan menjalankan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak) dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Dan adalagi satu ‘M’ yang harus kita lakukan, yaitu "Memohon kepada Allah SWT" agar wabah ini segera diangkat dari seluruh muka bumi ini,” pungkasnya. (Abel Kiranti)
Penyakit Menular Posbindu Mandirancan Kuningan Ptm

Komentar

Berita Terkait