2,271
Wednesday, 15 July 2020 18:29 (3 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Curug Go'ong Kian Bergemuruh, DPMPTSP Tolak IMB Batu Satangtung

Curug Go'ong Kian Bergemuruh, DPMPTSP Tolak IMB Batu Satangtung

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kuningan tidak bisa mengabulkan atas permohonan yang dilayangkan oleh keluarga Paseban tentang permohonan Ijin Mendirikan Bangunan, yaitu pembangunan makam yang terletak di Blok Curug Go'ong Desa Santana Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kuningan Drs. Agus Sadeli mengungkapkan, untuk IMB Pendirian Pusara/Makam itu bukan kewenangannya. Karena memang belum ada regulasinya terkait juklak juknisnya aturan tersebut.

"Selain bukan menjadi ranahnya, kita juga menanggapi surat dari MUI Desa Cisantana Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Nomor : 003/MUI-CST/VI/2020 tanggal 2 Juni 2020 tentang Permohonan Penolakan Pembangunan Situs buatan yang dibangun oleh pihak Paseban yang terletak di Blok Curug Goong agar segera dibongkar dan dihentikan," ungkap Agus kepada bingkaiwarta.com, Rabu (15/7/2020).

batu satangtung

Agus juga menegaskan untuk proses permohonan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) salah satu unsur yang harus dipenuhi, yaitu kondusifitas lingkungan warga.

"Mengingat adanya penolakan dari MUI Desa Cisantana Kecamatan Cigugur, kami belum bisa mengabulkan permohonan yang diajukan oleh Pihak Paseban pada tanggal 1 Juli 2020," tegasnya.

Perlu diketahui, berdirinya makam yang diperuntukan untuk Pangeran Djatikusumah dan Ibu Ratu Emalia Wigarningsih (yang masih hidup) terus menuai polemik dari berbagai kalangan masyarakat. Selain belum mempunyai ijin, makam yang didirikan tersebut tidak sama dengan makam pada umumnya. Diatas makam tersebut terdapat Batu Satangtung yang diduga akan menjadi tempat pemujaan/musyrik sehingga dapat mendangkalkan akqidah umat muslim disekitarnya. (Abel Kiranti)

Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu DPMPTSP Kabupaten Kuningan Paseban Ijin Mendirikan Bangunan pembangunan makam Desa Santana Pangeran Djatikusumah Ratu Emalia Wigarningsih Batu Satangtung

Komentar

Berita Terkait