245
Sunday, 13 June 2021 17:50 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Damkar Kuningan Berikan Materi Simulasi Penanganan Kebakaran

Damkar Kuningan Berikan Materi Simulasi Penanganan Kebakaran

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Pasca terjadinya kebakaran di Tamkot Kitchen, Taman Kota Kabupaten Kuningan pada (8/6/2021) lalu, UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan memberikan materi simulasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran kepada pihak pengelola rumah makan tersebut, Minggu (13/6/2021). 

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan, M. Khadafi Mufti menuturkan materi yang diberikan yakni, cara menangani kebakaran yang bersumber dari kompor/pembakaran, dari gas 3 kg, dan sumber lain yang dapat memicu percikan api. 

"Kemudian disampaikan pula bagaimana penggunaan pemadaman api dengan menggunakan peralatan sederhana seperti karung, handuk, dan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)," tambahnya. 

Khadafi menyampaikan apresiasinya pada Tamkot Kitchen yang telah mengikuti kegiatan simulasi dan telah memiliki APAR sebagai standar penanggulangan kebakaran di tempatnya. 

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diikuti oleh Tamkot Kitchen. Ini salah satu bentuk wujud rasa kepedulian pengelola akan bahaya kebakaran yang bisa saja terjadi kapan pun dan dimanapun," katanya. 

Kepala Damkar menjelaskan, Kabupaten Kuningan memiliki Perda No 8/2010 tentang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di kabupaten kuningan. 

"Perda tersebut menjelaskan, musibah kebakaran adalah merupakan tanggung jawab bersama dan setiap pemilik usaha, aparat Pemerintahan/swasta WAJIB menyediakan sistem proteksi kebakaran untuk melindungi asset serta para pegawai/karyawan," jelasnya. 

Ia pun berharap pemilik usaha maupun bangunan di wilayah Kabupaten Kuningan bisa mengikuti langkah Tamkot Kitchen untuk dapat menambah pemahaman tentang penanggulangan kebakaran. 

Sementara itu, Pengelola Tamkot Kitchen, Ade Syamsudin mengaku telah memahami materi simulasi. Dirinya pun akan terus mengantisipasi agar kebakaran tidak terulang lagi. 

Pengelola Tamkot Kitchen, Ade Syamsudin menuturkan dalam mengikuti silumasi, pihaknya bekerja sama dengan UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan. (rmdty)

Damkar kuningan Tamkot

Komentar

Berita Terkait