Dana Bos SMP Di Kuningan Jadi Ajang Bancakan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2016-09-06 21:46:27+07

Dana Bos SMP Di Kuningan Jadi Ajang Bancakan.jpg

 

 

Kuningan – Anggaran Biaya Operasional Siswa (Bos) yang diperuntukan untuk keperluan operasional sekolah dan kebutuhan siswa sekolah khususnya siswa SMP ternyata menjadi ajang bancakan pihak-pihak terkait.

Berdasarkan penelusuran investigasi Bingkai Warta di lapangan, dana BOS untuk siswa SMP pada kenyataannya hanya diterima oleh pihak sekolah sekitar 70%, sementara 30% nya hangus di tengah jalan.

Seperti diungkapkan salah seorang Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Kuningan timur, yang jati dirinya enggan dipublikasikan, bahwa dana BOS yang diterima sekolah hanya sekitar 70%, “Sisanya menguap untuk dibagikan ke instansi terkait, dan lainnya,” beber dia.

Menurut dia, kondisi ini seakan sudah tercipta dari awal, “Dan memang bagi bagi jatah dilakukan pihak sekolah, selain sudah terkondisikan seperti itu, juga merupakan adat ketimuran lah,” katanya.

Menyikapi permasalahan tersebut Aat Sudrajat dari LSM Barak, didampingi Ero Kuswara dari FAKTA menyebutkan, bahwa jika benar demikan kondisinya, maka akan merusak tatanan dunia pendidikan.

“Jika benar demikian, berarti sudah amburadul dunia pendidikan kita, masa uang buat anak sekolah di korupsi dan dijadikan ajang bancakan. Ini artinya sistem penyaluran BOS di Kebupaten Kuningan harus diperbaharui,” ujarnya. (Mulus)

 

 

 

 

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : PENDIDIKAN

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories