271
Friday, 28 May 2021 20:43 (2 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Danrem Elkines Tegaskan Seluruh Stakeholder Kabupaten Kuningan Harus Suffort TMMD

Danrem Elkines Tegaskan Seluruh Stakeholder Kabupaten Kuningan Harus Suffort TMMD

Bingkaiwarta, CIREBON - Korem 063/SGJ pada bulan Juni TA. 2021 akan menggelar 2 perhelatan besar yang merupakan Program Unggulan TNI AD di wilayah Kabupaten Kuningan yaitu Serbuan Teritorial dan TMMD Reguler 111 TA. 2021 Kodim 0615/Kuningan. Demikian yang disampaikan Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P, pada saat melaksanakan Vicon Rakornis TMMD Reguler 111 di Ruang Yudha Makorem 063/SGJ , Jalan Brigjend Darsono Bya Pass Kota Cirebon Kamis kemarin, Jum’at (28/5/2021).

 

Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P, menjelaskan, Kegiatan Serbuan Teritorial merupakan pengabdian berorentasi kepada kepentingan Nasional yang di wujudkan melalui Serbuan Teritorial TNI guna membantu mengatasi kesulitan rakyat. Serbuan Teritorial TNI juga akan memantapkan kemanunggulan TNI dengan rakyat. "Kegiatan Serbuan Teritorial di wilayah Kodim 0615/Kuningan tepatnya dilaksanakan di Desa Datar Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan (pembangunan jalan dan Rutilahu) dan Desa Cipedes Kecamatan Ciniru (pembangunan saluran air bersih) yang akan dibuka pada tanggal 1 Juni sampai dengan 30 Juni 2021," jelas Danrem.

 

Dalam vicon yang dipimpin Brigjen TNI Toto Nurwanto, S.I.P, M.Si, Waaster Kasad Bidang Tahwil, Komsos dan Bakti TNI, yang mewakili Aster Kasad (Mayjen TNI Nurchahyanto) itu, selain para Dandim di tanah air, para pejabat Forkopimda juga mengikuti vicon di masing-masing daerah yang wilayahnya menjadi lokasi pelaksanaan TMMD Reguler- 111.

 

Dikatakan Danrem, untuk di Korem 063/SGJ sendiri, kali ini Kodim 0615/Kuningan menjadi pelaksana TMMD Reguler- 111 di Desa Jamberama dan Dusun Surian Desa Padahurip Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan, sehingga pejabat Forkopimda Kabupaten Kuningan juga hadir.

 

"Vicon ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi tentang berbagai program pemerintah yang dapat disinergikan melalui TMMD Reguler -111 yang akan dilaksanakan mulai 15 Juni hingga 14 Juli 2021 mendatang," ujarnya.

 

TMMD yang mengambil tema "Wujud Sinergi Membangun Negeri" itu merupakan kegiatan lintas sektoral dengan melibatkan semua komponen bangsa dalam upaya membantu pemerintah daerah memeratakan pembangunan di desa tertinggal infrastruktur di daerah.

 

"Dalam TMMD Reguler juga dilaksanakan pembangunan non fisik untuk meningkatkan SDM masyarakat desa sasarannya, seperti edukasi kesadaran bela negara, kesehatan, pertanian, bahaya narkoba, paham radikalisme, kamtibmas, sampai dengan kesadaran pentingnya protokol kesehatan guna memutus mata rantai Covid-19," imbuhnya. 

 

Karena itu, lanjut Danrem, TMMD Reguler merupakan salah satu solusi bagi pemda untuk menjawab aspirasi kebutuhan masyarakat saat ini. "Dan, TMMD pula merupakan wadah instansi lintas sektoral untuk bergotong-royong serta meningkatkan soliditas dalam pengabdian meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sambungnya mengulas penyampaian Waaster Kasad.

 

Berkaitan dengan publikasi/pemberitaan pelaksanaan TMMD Reguler -111 Kodim 0615/Kuningan melalui media massa, Danrem meminta agar segenap stakeholder di Kabupaten Kuningan dapat mensupport setiap jengkal pelaksanaannya sehingga pembangunan infrastruktur, SDM, dan gotong-royongnya, agar diketahui juga khalayak umum baik lokal maupun nasional. "Yang utama adalah bagaimana kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat diketahui umum saat pelaksanaan TMMD itu sendiri," tandas Danrem.

 

Sementara itu, saat vicon berlangsung, Dirjen Kesmas Kemenkes RI, drg. Kartini Rustandi, M.Kes menyampaikan, bahwa pihaknya (Kemenkes) bersinergi dengan TNI melalui TMMD untuk meningkatkan SDM masyarakat lebih berkualitas melalui pelayanan kesehatan dasar yaitu upaya promotif dan preventif kesehatan yang didukung inovasi dan pemanfaatan teknologi.

 

"Dalam pelayanan kesehatan dasar ini meliputi pelayanan kesehatan ibu dan anak, KB, kesehatan reproduksi, percepatan gizi masyarakat, pembudayaan gerakan masyarakat hidup sehat, pengendalian penyakit, penguatan sistem kesehatan dan pengawasan obat yang tentunya untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, serta menurunkan stunting. Karenanya, melalui program TMMD ini Kemenkes ikut turut andil untuk lebih menyehatkan dan mensejahterakan sejahtera," terang drg. Kartini Rustandi.

 

Puncak Rakornis ini juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang Lomba Karya Jurnalistik TMMD Reguler ke-110 Tahun 2021, baik untuk kategori umum maupun Dansatgas TMMD. (Abel Kiranti/Penrem 063)

Korem 063/SGJ TNI TTMD Cirebon

Komentar

Berita Terkait