Di Cidahu Kebakaran Lahan Tebu, di Ciwaru Api Membakar Rumah Warga

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-08-20 20:34:15+07

Di Cidahu Kebakaran Lahan Tebu, di Cefefef.jpg

Kobaran api pada peristiwa kebakaran lahan tebu di Dusun Kliwon atau Jalan Desa Kertawinangun, Kecamatan Cidahu, Selasa (20/08/2019), siang tadi sekitar pukul 12.00 WIB.

 

Kuningan – Lahan kebun tebu seluas 250 meter persegi milik H. Dodo (58) yang terletak di Dusun Kliwon atau Jalan Desa Kertawinangun, Kecamatan Cidahu, terbakar pada Selasa (20/08/2019), siang tadi sekitar pukul 12.00 WIB.

Peristiwa kebakaran tersebut cukup menyita perhatian sebab si jago merah mengamuk membakar rumput dan batang tebu kering sehingga berkobar cukup besar.

Tim UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan yang menerima kabar terkait peristiwa itu dari Kasi Kesra Desa Kertawinangun Wahid, langsung meluncur menuju tempat kejadian dengan menerjunkan 1 kendaraan dinas dan 4 anggota.

Menurut Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan M. Khadafi Mufti, cepatnya laporan membuat penanganan api lebih dini sehingga lahan lainnya tidak ikut terbakar. Karena luas lahan keseluruhan mencapai 5 hektare.

“Upaya pemadaman dalam kebakaran ini melibatkan warga setempat, anggota Satpol PP Kecamatan Cidahu, Anggota Koramil serta Polsek Cidahu. Kita membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 15 menit. Sedangkan untuk penyebab kebakaran diduga dari aktivitas pembakaran lahan,” tutur Khadafi.

Taksiran kerugian dalam peristiwa kebakaran di lahan produktif itu diperkirakan mencapai hingga Rp. 10 juta, dan tidak menimbulkan korban luka maupun jiwa.

Atas peristiwa itu Khadafi menghimbau kepada seluruh warga agar tidak pernah melakukan pembakaran sampah di sembarang tempat atau membakar untuk membuka lahan, karena tindakan itu dapat menyebabkan terjadinya kebakaran.

Di Cidahu Kebakaran Lahan Tebu, di Ciwaru Api Membakar Rumah Warga 1.jpgSementara itu, di hari yang sama peristiwa kebakaran juga sempat menimpa rumah tinggal seluas 70 meter persegi milik lansia bernama Sumanta (80) yang terletak di Dusun Getasan, Rt.03/03, Desa Linggajaya, Kecamtan Ciwaru, pada pukul 14.00 WIB. Peristiwa ini dipicu akibat kebocoran tabung gas LPG ukuran 3 kilogram.

Khadafi menyayangkan pada peristiwa kebakaran rumah ini terjadi keterlambatan laporan sehingga kerugian yang diderita korban lumayan besar. Ia pun kembali mengingatkan untuk semua warga apabila terjadi kebakaran segera laporkan ke Kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan mellaui sambungan telepon (0232) 871113, layanan gratis/tidak dipungut biaya apapun. (Abel Kiranti)

 

3 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories