547
Thursday, 18 June 2020 17:02 (3 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Lakukan Test Swab Massal Tahap Pertama

Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Lakukan Test Swab Massal Tahap Pertama

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Untuk memastikan kesehatan masyarakat Kabupaten Kuningan dalam menghadapi masa PSBB transisi ke Adaptasi Kebiasaan Baru atau lebih dikenal New Normal di masa pandemi Covid-19, Pemkab Kuningan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan melaksanakan Program Gebyar Pemeriksaan Swab secara masif di Pandapa Paramartha Kuningan, Kamis (18/6/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda, Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy, Dandim 0615 Letkol Czi Karter Joyi Lumi, Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, Sekda Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, Kadinkes Kuningan dr. Susi Lusiyanti, Tim Gugus Tugas Provinsi Jawa Barat, Tim Gugus Tugas Kabupaten Kuningan dan undangan lainnya.

"Alhamdulilah, hari ini saya bersyukur atas seijin pak gubernur kita bisa melaksanakan test swab ini, dan mudah mudahan nanti semuanya hasilnya negatif, amin." ungkap Bupati Acep.

swab massal

Seperti diketahui, saat ini status level kewaspadaan Kabupaten Kuningan di Jabar berada di zona biru. Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan menerima 1.485 alat Test Swab dari Provinsi Jawa Barat. Pemberian alat swab ini diberikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk meningkatkan akurasi data lebih tinggi dan lebih tepat, untuk memastikan bahwa Grafik Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuningan benar benar melandai.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan dr. Susi Lusiyanti menjelaskan gebyar pemeriksaan Swab di Kabupaten Kuningan ini akan dilaksanakan 10 hari kerja kedepan di 32 kecamatan dengan target 1480 orang.

"Setelah selesai tanggal 1 Juli, kita akan langsung mengadakan Rapid Masal serentak juga di 32 kecamatan.
Kita akan mengaktifkan seluruh pusling di 32 kecamatan. Sasaran kita antara 100 sampai 200 rapid. Jadi, sekitar 3200 kita akan merapid di seluruh kabupaten Kuningan," jelas Susi.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar Kuningan benar-benar bersih dengan zona birunya. "Mudah-mudahan kedepan tidak ada lagi kasus yang ada di kita sehingga kita dapat beralih ke zona hijau. Dan, mudah-mudahan Kabupaten Kuningan bersih selamanya dan Covid di Kabupaten Kuningan kasusnya terus menurun," ujarnya.

Sementara itu, Camat Kuningan Saleh Rokhiat menyampaikan dalam pelaksanaan gebyar pemeriksaan Swab yang berlokasi di Pandapa Paramarta ini adalah untuk Kecamatan Kuningan dengan jumlah peserta kurang lebih 152 orang yang terdiri dari berbagai unsur elemen seperti dari pemerintah kecamatan, Desa/Kelurahan dan sektor-sektor swasta diantaranya dari Toko-toko Modern, Dealer Motor, Lising dan masyarakat yang ada di Kecamatan Kuningan.

"Dengan adanya kegiatan ini salah satunya adalah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Tentunya ini merupakan suatu harapan bagi kami, khususnya kami yang berada dilapangan yang senantiasa terus menerus mengawal kaitannya gugus tugas yang insya allah melalui swab ini merupakan langkah positif. Dan, saya menyampaikan banyak-banyak terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan, Dinas kesehatan sebagai leading sektor tentunya dengan gugus tugas tingkat kabupaten," tutupnya. (Abel Kiranti)

Test Swab Pandapa Paramartha Adaptasi Kebiasaan Baru New Normal pandemi Pemeriksaan Acep Purnama M. Ridho Suganda Nuzul Rachdy Dandim 0615 Letkol Czi Karter Joyi Lumi Kapolres Kuningan Lukman Syafri Dandel Malik Dian Rachmat Yanuar dr. Susi Lusiyanti

Komentar

Berita Terkait