Disporapar Godok Kemampuan Pelatih Untuk Mendulang Prestasi Olahraga Di Kabupaten Kuningan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-03-23 14:28:56+07

Disporapar Godok Kemampuan Pelatih Untuk MS.jpg

Kadisporapar Kabupaten Kuningan buka gelaran acara Pelatihan Pelatih Cabor Futsal dan Tenis Meja di Hotel Ayong, Linggarjati.

 

Kuningan – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan gulirkan program peningkatan kualitas pelatih cabang olahraga prestasi melalui kegiatan Pelatihan Pelatih yang digelar selama 3 hari dari tanggal 20 hingga 22 MAret 2019, di Hotel Ayong, Linggarjati.

Dijelaskan Kasi Peningkatan Prestasi Olahraga Disporapar Kabupaten Kuningan Asep Ismanto, bahwa pihaknya ingin memberikan warna di dunia olahraga Kabupaten Kuningan, diantaranya melalui program peningkatan kualitas pelatih, namun karena keterbatasan anggaran, pada pelaksanaannya dilakukan pada dua cabang olahraga (Cabor) dahulu, yakni Cabor tenis meja dan futsal.

“Untuk kali ini baru bisa dilaksanakan pada dua Cabor dulu, mudah-mudahan kedepannya pelatihan ini bisa dilakukan untuk seluruh Cabor,” jelas Asep pada bingkaiwarta.com.

Dia berharap, dengan acara tersebut para peserta pelatihan, baik dari Cabor tenis meja, maupun futsal betul betul bisa memiliki lisensi, untuk itu dalam pelaksanaan kegiatan pihaknya berkoordinasi diantaranya untuk Cabor futsal dengan PSSI Jabar dan pusat, yang menjadi narasumber sekaligus nantinya menjadi pihak yang mengeluarkan lisensi, dengan sebutan level 1 nasional.

“Karena yang kami kejar lisensi itu, teriring harapan seluruh peserta bisa mendapatkan lisensi, maka kamipun telah berusahan untuk memenuhi ketentuan atau berbagai kriteria dari PSSI, mulai dari jumlah peserta pelatihan, hingga kualitas para peserta,” ujarnya.

Termasuk juga, kata Asep, lisensi pada Cabor tenis meja yang dikeluarkan Pengda PTSI Jawa Barat, sehingga nantinya para peserta memiliki bekal legitimasi, atau mempunyai standard lisensi dari Provinsi Jawa Barat.

“Dan bagi para peserta yang bukan merupakan guru olahraga, diprioritaskan berasal dari club olahraga futsal maupun tenis meja yang resmi memiliki sekretariat, atau alamat basecamp-nya jelas, ada AD/ART, memiliki atlit binaan, serta program standard kepelatihan,” kata Asep.

Diakui Asep, sumber pendanaan pelatihan yang berlangsung dengan system 40% teori dan 60% praktek itu berasal dari APBD, sehingga peserta tidak dipungut biaya sekali, “Jika pelatihan ini diselenggarakan oleh pihak lain tentunya peserta harus bayar dengan biaya lumayan tinggi, namun karena dalam pelatihan yang kami gelar dibiayai APBD, maka peserta tidak dipungut biaya sama sekali, dari mulai pendaftaran, penginapan selama 3 hari, konsumi dan lainnya semuanya gratis,” akunya.

Sedangkan untuk tester, Asep menyebutkan, pihaknya melibatkan mahasiswa PJKR STKIP Muhammadiyah Kuningan, supaya sinkron antara keilmuan secara teoritis, serta secara praktekpun kemampuan mereka tidak bisa diragukan.

Senada dengan Asep, Kepala Disporapar Kabupaten Kuningan Jaka Chaerul dalam sambutannya saat membuka rangkaian kegiatan pelatihan mengungkapkan,bahwa acara tersebut merupakan dedikasi dari penjabaran anggaran (APBD) yang telah ditetapkan, terutama dalam fokus terhadap peningkatan prestasi olahraga.

“Walau bagaimanapun yang namanya olahraga berprestasi itu ditentukan oleh berbagai unsur didalamnya, selain atlet berbakat ditunjang pula oleh anggaran yang tersedia, juga tentunya para pelatih yang mempunyai kapasitas, artinya mempunyai sertifikasi kemampuan dan keterampilan di cabornya,” ungkap Jaka.

Dan acara yang digelar untuk yang kedua kalinya, setelah tahun sebelumnya dikonsentrasikan pada Cabor bola voli tersebut, menurut Jaka merupakan jawaban dari tuntutan tersebut, dengan tujuan agar para pelatih olahraga futsal yang saat ini telah menjamur di Kuningan, serta tenis meja semakin berkualitas, kedepannya akan mampu melahirkan atlet-atlet berprestasi yang bisa mendulang medali, atau mengharumkan nama Kabupaten Kuningan di tiap event olahraga, baik tingkat provinsi, maupun nasional. (Yud’s)

3 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, OLAH RAGA, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com






















Berita Terkini

Categories