416
Tuesday, 04 May 2021 11:30 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Ex Kuning Ayu Festival "Angin Segar" dan Langkah Baru Bagi Ekonomi Kerakyatan

Ex Kuning Ayu Festival "Angin Segar" dan Langkah Baru Bagi Ekonomi Kerakyatan

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Peserta "Ex Kuning Ayu Festival" tampak sumringah dan antusias dengan acara yang digagas oleh Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan di Jl. Raya Dewi Sartika Kuningan.

 

Ex Kuning Ayu Festival yang diikuti oleh UMKM, Pedagang Kaki Lima, dan P3MI ini menjadi angin segar bagi mereka setelah 1 tahun tersendat akibat pandemi Covid-19. "Alhamdulillah, dan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Kuningan dalam hal ini Dinas Kopdagperin yang telah mengakomodir keinginan kami untuk bisa berjualan ditempat ini dan tentunya ini menjadi motivasi bagi kami untuk tetap semangat dalam berproduksi," ungkap salah satu peserta UMKM, Mom'z Gaul dari Solusi Store kepada bingkaiwarta.com, Selasa (4/5/2021).

Senada dengan Mom'z Gaul, Warno salah satu Pedagang Kaki Lima mengatakan, dengan adanya Ex Kuning Ayu Festival, dirinya bisa menjajakan dagangannya dengan nyaman. "Alhamdulilah dengan ditempatkannya kami disini, ini menjadi harapan untuk saya mengais rezeki. Semoga ada perubahan yang lebih baik lagi untuk dagangan saya. Apalagi sekarang mau menghadapi lebaran. Mudah-mudahan dilancarkan usaha saya juga usaha teman-teman yang lainnya yang ada disini," ujarnya.

 

Hal yang sama pun disampaikan Ketua Paguyuban, Perwakilan P3MI, Manaf. Ia menuturkan, setelah digelarnya "Ex Kuning Ayu" ini merupakan langkah awal untuk terbangunnya sinergitas dan kebersamaaan yang terus bergandengan tangan antara paguyuban PKL dengan UMKM beserta P3MI.

 

“Terima kasih, dengan adanya event ini kita menyatukan tiga komponen yang luar biasa untuk membangkitkan kembali sektor UMKM,” ucap Manaf.

 

Kepala Dinas Kopersi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan,  U. Kusmana menjelaskan, UMKM merupakan sektor yang paling terdampak akibat adanya pandemi Covid-19 di Kabupaten Kuningan. Oleh karena itu, pihaknya selalu berupaya membangkitkan kembali sektor UMKM dengan mendorong ekonomi kerakyatan. "Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu sektor UMKM untuk semangat kembali berproduksi dan menjual produk-produknya untuk memenuhi kebutuhan menjelang lebaran,” ungkapnya.

 

Ia juga berharap, dengan nama EX Kuning Ayu ini semoga mendapatkan keberkahan untuk semuanya, “Kuning Ayu ini, untuk yang tua bernostalgia, dan untuk yang muda berkarya,” tandasnya.

 

Sementara itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama sangat menyambut baik event "Ex Kuning Ayu Festival" ini. Ia hanya minta kerja sama kepada semuanya untuk tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, dengan 5 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Menggurangi Mobilitas).

 

Disampaikan Bupati, acara Ex Kuning Ayu Festival ini digelar untuk menggairahkan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19, terutama pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

 

“Dengan adanya kegiatan ini, ayo kita rumuskan sebuah kebijakan untuk UMKM agar lebih bisa bertahan dan maju, karena dari UMKM untuk masyarakat, dan untuk Kuningan,” ajak Bupati saat melaunching Ex Kuning Ayu Festival, kemarin.

 

Untuk menumbuh kembangkan dan menggairahkan ekomomi di Kabupaten Kuningan, kata Bupati, dirinya dan seluruh jajaran pemerintah daerah siap memulai untuk menyajikan sajian-sajian produk khas Kuningan dari olahan para UMKM.

 

“Kita kembangkan sektor UMKM, saya lihat produk-produknya sudah bagus, kreativitas yang luar biasa, rasa maknyus, kemasan juga oke, hanya satu yaitu pemasaran. Tapi kalau seluruh lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan ikut turun serta mungkin pemasaran ini bisa berjalan,” pungkasnya. (Abel Kiranti)

Ukm Kuningan Ex kuningan ayu festival

Komentar

Berita Terkait