Forum Honorer Kategori 2 Indonesia Ingingkan Pemkab Kuningan Meningkatkan Kesejahteraan Honorer Tenaga Pendidikan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-08-14 22:54:43+07

photo_2019-08-14_22-51-53.jpg

Audiensi antara Forum Honorer Kategori 2 Indonesia (FHK2I) dengan pihak BKPSDM Kabupaten Kuningan di Ruang Rapat BKPSDM Jl. Raya Siliwangi, Desa Kasturi, Kecamatan Kramatmulya, Rabu (14/8/2019).

 

Kuningan – Dilatarbelakangi Honorer Kategori 2 yang belum diangkat dan adanya sistem rekrutmen CPNS dari umum dengan mengabaikan Honorer Kategori 2 yang sudah mengabdi puluhan tahun, Forum Honorer Kategori 2 Indonesia (FHK2I) Kabupaten Kuningan gelar Audensi Akbar dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kuningan di Ruang Rapat BKPSDM Jl. Raya Siliwangi, Desa Kasturi, Kecamatan Kramatmulya, Rabu (14/8/2019).

Kehadiran peserta audiensi yang terdiri dari para guru, pegawai UPTD Pendidikan, TU sekolah-sekolah dengan koordinator Undang Sutisna tersebut diterima langsung oleh Kepala BKPSDM Kabupaten Kuningan Drs. H. Uca Somantri, M.Si, serta jajaran Kepala Bidang

Koordinator FHK2I Undang Sutisna mengungkapkan, tujuan dari audensi tersebut yaitu menginginkan Pemerintah Daerah Kuningan agar dapat meningkatkan kesejahteraan tenaga kependidikan honorer, berupa pemenuhan gaji sesuai dengan besaran UMK Kuningan 2019. Karena, penghasilan yang diterima selama mengabdi sangatlah minim.

“Kami menuntut agar usulan kepegawaian diprioritaskan dari Tenaga Honorer K2 baik PNS maupun PPPK yang disertai perjanjian sambil menunggu regulasi karena K2 sudah lama mengabdi dan minta dituntaskan sampai habis atau selesai,” ungkap Undang.

Dikatakan Undang, Tenaga Honorer K2 memang sudah mendapatkan pekerjaan yang layak. Namun, penghasilan yang diterimanya selama ini sangatlah tidak layak, “Makanya, disini kami berharap agar Pemerintah Daerah Kuningan membatalkan ajuan formasi CPNS. Kami ingin agar Tenaga Honorer K2 ini lekas diangkat menjadi PNS atau PPPK,” imbuhnya.

Menanggapi tuntunan tersebut, Kepala BKPSDM Kabupaten Kuningan Drs. H. Uca Somantri, M.Si menjelaskan terkait pengajuan formasi CPNS kepada Kemenpan RB, sebagai tindak lanjut dari banyaknya kekosongan jabatan pegawai ASN pada sejumlah kelembagaan instansi dilingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Karena, setiap tahunnya rata-rata mencapai angka 500 orang ASN yang memasuki masa purna bhakti atau pensiun.

“Pemerintah Kabupaten Kuningan terakhir kali mengadakan penerimaan CPNS pada tahun 2019. Dan, dalam sembilan tahun ini tidak pernah lagi dilakukan. Oleh sebab itu banyak kekosongan jabatan, terutama tenaga pertanian, tata ruang dll disamping kebutuhan akan tenaga kependidikan,” jelas Uca.

Adapun terkait kesejahteraan tenaga honorer, dirinya sangat menerima aspirasi tersebut. Bahkan, pihaknya pun sering kali telah menyampaikan kepada Pemerintah Daerah. Hanya saja untuk pemenuhannya harus disesuaikan dengan besaran APBD.

“Kita ini beberapa kali sudah menyampaikan hal tersebut. Namun, bagaimana lagi, Kuningan ini merupakan wilayah agraris bukan daerah industri yang bisa menjadikan besar PAD-nya,” ujarnya.

Uca menegaskan bahwa pihaknya tidak membatasi diri dalam menerima aspirasi, “Kami akan tetap menampung semua aspirasi yang masuk dan akan segera disampaikan,” pungkasnya. (Abel Kiranti)

 

10 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com




















Berita Terkini

Categories