Gema Takbir Berkumandang, Pasukan Anti Libur Tetap Kerja Demi Kebersihan Kuningan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-06-05 00:01:27+07

Gema Takbir Berkumandang, Pasukan Anti Libur Tetap sdsd.jpg

Dump Truk pengangkut sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan tampak dipenuhi sampah.

 

Kuningan – Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar, La Illahaillallohu Allahu akbar. Allahu akbar wa lilah ilham.

Gema takbir kini mulai berkumandang di setiap penjuru dunia menyambut datangnya hari kemenangan, hari nan fitri, Hari Raya Idul Fitri.

Sejumlah pekerjaan sudah beres dikerjakan dan tiba saatnya untuk berkumpul dengan keluarga tercinta di hari yang paling ditunggu-tunggu ini.

Semua mendambakan di hari yang fitri itu dapat berkumpul bersama keluarga untuk menggaungkan gema takbir dan bersilaturahmi kepada sesama.

Namun sahabat, ada sejumlah petugas yang ketika memasuki hari yang begitu fitri ini harus tetap bekerja dan rela berpisah dengan keluarga di rumah demi terjaganya kondusifitas wilayah.

Para petugas itu diantaranya Kepolisian Republik Indonesia, Pemadaman Kebakaran, dan yang akan dibahas lebih mendalam yaitu tenaga kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kuningan.

Kepala Seksi Pengelolaan Kebersihan DLH Kabupaten Kuningan Aman SE, memberikan informasi kondisi terkini terkait volume sampah menjelang dan prakiraan pasca Hari Raya Idul Fitri.

Ia menerangkan bahwa peningkatan volume sampah selalu berbanding lurus dengan peningkatan populasi dan semua aktivitas manusia. Sama halnya dengan peningkatan volume sampah menjelang dan menghadapi lebaran Idul Fitri.

Menurutnya, saat ini sudah terlihat peningkatan volume sampah dari H-5 Lebaran. Dimana rata-rata peningkatan volume sampah setiap mobil DLH Kuningan mencapai hampir 1-2 kubik setiap mobilnya.

“Mungkin bisa anda lihat kondisi Dump Truk yang setiap hari mengangkut sampah, dimana selalu dipasang pagar di atas mobilnya. Dan di atas pagar masih numpuk ke atas sampahnya. Kapasitas atau tonase mobil dump truk sampah adalah 6 m³. Tetapi mobil dump truk kami saat ini hampir semua sudah ditambah pagar di atasnya. Jadi apabila kita hitung rata-rata sehari mobil dumptruk mengangkut 7-8 kubik sampah ke tpa. Ini yang terangkut, tapi belum yang terangkut, yang masih numpuk di TPS,” papar Aman, kepada bingkaiwarta.com, Selasa (04/06/2019).

Ia melanjutkan, apabila dihitung volume sampah yang masuk ke TPA Ciniru menjelang dan pasca Idul Fitri, kemudian dihitung berdasarkan tonase/kubikasi kendaraan (sehubungan di TPA belum adanya timbangan berat kendaraan) dengan menggunakan armada 14 dump truk yang dimiliki dan diambil rata-rata setiap mobilnya mengangkut 7 m³ adalah total volume sampah yang masuk ke TPA Ciniru setiap hari dari mulai H-5 dan pasca Lebaran adalah 285 m³/hari atau setara dengan 94,05 ton/hari.

Aman merinci kenaikan volume sampah menjelang dan pasca lebaran ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, pola konsumsi masyarakat yang cenderung meningkat menjelang lebaran, dimana kebanyakan menggunakan wadah/bungkus plastik dan stereofom.

Kedua, datangnya para pemudik dari kota yang otomatis menambah jiwa yang secara pasti menambah volume sampah.

Dan ketiga, semakin menjamurnya para pedagang kuliner baik di pusat wisata maupun perumahan-perumahan.

“Tapi alhamdulillah petugas kebersihan yang terdiri dari tim penyapu, pengangkut dan supir tidak libur, makanya sekarang disebut Pasukan Anti Libur. Setiap hari kami bekerja tak kenal lelah untuk membersihkan Kota Kuningan. Tidak ada panas tidak ada hujan, tidak siang tidak malam, kami siap memberikan pelayanan kebersihan kepada masyarakat,” tuturnya.

Pasukan Anti Libur ini mulai bekerja pukul 12.00 sampai dengan 03.00 WIB. Dan di saat malam takbiran ketika orang-orang terlelap dalam tidurnya, Petugas Anti Libur tetap bekerja menyapu dan mengangkut sampah. Membersihkan dan menyemprot dengan mobil tanki air di sekitar Mesjid Syiarul Islam untuk persiapan Shalat Ied.

“Hari H Lebaran, ketika orang-orang berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga, kami bekerja mengumpulkan koran-koran bekas tikar shalat ied dari mesjid-mesjid sekitar jalur jalan protokol dan mengangkutnya,” tutupnya.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah. (Abel Kiranti)

11 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com






















Berita Terkini

Categories