402
Saturday, 19 June 2021 19:43 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Hadiri Babacakan, Bupati Rencanakan Bangun Bendungan Permanen dan Jembatan di Desa Benda

Hadiri Babacakan, Bupati Rencanakan Bangun Bendungan Permanen dan Jembatan di Desa Benda

Bingkaiwarta, LURAGUNG - Menjelang musim kemarau, warga Desa Benda, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan, menggelar tradisi Ngabendung atau juga dikenal Babacakan di Bendungan Sungai Cisanggarung, Sabtu (19/6/2021). 

Dalam Babacakan ini masyarakat Desa Benda mengalihkan sebagian aliran sungai agar bisa mengaliri areal pesawahan milik mereka. Prosesnya pun dilakukan secara tradisional yakni dengan memanfaatkan bambu. 

"Sungai ini biasa digunakan oleh masyarakat dalam mencukupi kebutuhan pertanian secara tradisional. Yaitu menggunakan bambu yang dibentuk sedemikian rupa, kemudian dimasukan bebatuan agar terisi padat," jelas Bupati Kuningan, H. Acep Purnama kala memberikan sambutan dalam acara ini. 

Namun, Bupati kerap kali mendengar keluhan terkait cara-cara tradisional pembendungan seperti ini. Warga mengaku khawatir bila tiba musim hujan, bendungan bambu tersebut tidak dapat bertahan lama akibat debit air yang besar. 

"Insya Allah kami dari Pemerintah Daerah akan berusaha menyampaikan aspirasi ini, yang berwenang dalam hal ini melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), sehingga nanti bisa disampaikan ke Kementerian PUPR dalam hal ini Direktorat Jenderal Sumber Daya Air”, tuturnya. 

Selain itu, Acep pun prihatin melihat kondisi jalur penghubung Desa Benda menuju Desa Dukuhmaja. Hanya untuk menghemat waktu, masyarakat harus menempuh perjalanan dengan rakit menyebrang sungai. 

"Kita cukup prihatin juga warga Desa Benda ke Dukuhmaja harus menyebrang menggunakan rakit. Di samping membangun bendungan permanen, apabila memungkinkan kami akan membangun jembatan untuk menghubungkan dua desa ini," ucapnya. 

Acara juga dihadiri oleh Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan, Ir. Bunbun Budhiyasa, Camat Luragung, Drs. Pulung Sugandi, beserta Kepala Desa Benda, Perangkat Desa dan undangan lainnya. (rmdty)

Babacakan Ngabendung Bupati kuningan

Komentar

Berita Terkait