Harga Bawang Merah Melonjak Tinggi

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-03-25 22:36:08+07

Harga BaSS.jpg

Petugas Pendata Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan Arisman bersama tim saat melakukan pendataan harga di Pasar Kepuh, Kuningan.

 

Kuningan – Harga bawang merah di beberapa pasar tradisional Kabupaten Kuningan meluncur tinggi, melonjak hingga Rp. 9 ribu, dari yang semula Rp. 26 ribu menjadi Rp. 35 ribu/kg.

Bahkan menurut Emah, salah seorang pedagang sayur mayur di Pasar Kepuh Kuningan, hingga Senin (25/3/2019) sudah tidak ada lagi pengiriman bawang merah, karena masa panen telah selesai, dan mengakibatkan harga kian melambung, bahkan hingga Rp. 40 ribu/kg.

“Karena minimnya stok, akibat sudah tidak ada lagi pengiriman hingga hari ini, harga bawang merah sekarang sudah melonjak sangat tinggi mencapai Rp. 40 ribu/kg, dan kalau dijual per-ons Rp. 5 ribu,” ujar Emah.

Hal itu dibenarkan Petugas Pendata Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan Arisman, bahwa harga bawang merah yang awalnya Rp. 26 ribu beberapa hari lalu naik menjadi Rp. 35 ribu, dan saat ini sudah berubah lagi menjadi Rp. 40 ribu/kg.

“Betul sekali, faktor minimnya ketersediaan komoditas menjadi penyebab tingginya harga bawang merah. Dan selain bawang merah harga beberapa komuditas lainnya juga turut naik, seperti cabe merah, yang semula Rp. 22 ribu sekarang menjadi Rp. 26 ribu, cabe rawit dari Rp. 14 ribu menjadi Rp. 16 ribu/kg,” tutur Arisman kepada bingkaiwarta.com.

Disamping itu, lanjut Arisman, bahan pokok yang saat ini mengalami kenaikan adalah beras ketan hitam, dimana harganya hingga mencapai Rp. 25 ribu/kg. (Yud’s)

5 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, EKONOMI

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com




















Berita Terkini

Categories