Hari Kedua Tour de Linggarjati 5 Peserta Turun di Kelas IRR, Ini Keunikannya

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-09-14 22:09:25+07

Hari Kedua Tour de hdhdgrt.jpg

Peserta di Kelas Individual Road Race kategori Junior mengambil start dari Pusat Pertokoan Jalan Siliwangi, Kota Kuningan, Sabtu (14/9/2019).

 

Kuningan – Hari kedua pelaksanaan Tour de Linggarjati 5 ratusan pembalap dari dalam dan luar negeri mengikuti balapan di kelas Individual Road Race (IRR) yang dimulai dari Pusat Pertokoan Jalan Siliwangi, Kota Kuningan, Sabtu (14/9/2019).

Para peserta beradu cepat melintasi rute yang telah ditentukan dengan jarak terdekat sejauh 30 kilometer dan terpanjang 103,3 kilometer. Pembalap yang mengikuti kelas ini terdiri dari kategori Youth, Junior, dan Elite dengan total keseluruhan mencapai 256 orang.

Mereka dihadapkan pada jalur timur Kuningan yang diwarnai dengan tanjakan dan turunan, serta tikungan tajam. Peserta pun dituntut menggunakan stamina paling prima untuk menaklukan rute tersebut.

Uniknya, para peserta yang mengikuti kelas ini patut berbangga diri. Sebab, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH, dan Wakilnya M. Ridho Suganda, SH, M.Si, serta sejumlah jajaran lainnya, ikut mendampingi menggunakan kendaraan roda dua.

Dua tokoh utama di Kabupaten Kuningan ini bahkan rela berpanas-panasan demi mendampingi peserta saat menikmati jalur yang dilewati. Bupati mengaku sengaja melakukan ini karena ingin sekaligus melihat hasil pembangunan, dan juga ingin melihat langsung bagaimana kemampuan peserta dalam menaklukan rute kepunyaannya.

Di segi pembangunan, kata Bupati, dirinya bersyukur karena sampai saat ini sejumlah desa atau kecamatan sudah memiliki sarana dan prasarana insfratuktur yang memadai. Sedangkan saat melihat langsung peserta di jalur, Bupati mengaku takjub atas kemampuan mereka.

Menurutnya, stamina mereka diluar perkiraannya, “Saya ikut sendiri tadi. Memang secara perasaan mungkin kalau lihat tanjakan yang menanjak itu sepertinya sulit dilewati oleh sepeda. Tapi tadi saya lihat sendiri para atlet mampu menaklukannya,” ungkap Bupati, didampingi Wakilnya, disela istirahat pasca kelas IRR Men dan Women Junior usai digelar.

Ia pun mengapresiasi para pembalap dan mengakui kekuatan mereka. Terutama ketika menaklukan tanjakan dan tikungan tajam. Para pembalap diakuinya sudah memiliki taktik dan kemampuan yang mumpuni.

“Ya pokoknya saya salut kepada para pembalap. Betul-betul mereka punya power dan menguasai medan, dan menguasai bagaimana dia mengambil setiap tikungan itu semuanya tekhniknya tekhnik tinggi,” tuturnya.

Bupati meyakini setelah melihat langsung di lapangan para atlet Indonesia pun mampu bersaing dengan para pembalap dari luar negeri. Asalkan, kata dia, kedepannya para atlet itu didukung untuk urusan sarana dan prasananya.

Ia bersyukur karena tahun ini peserta mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Dan kedepannya ia berharap pemerintah pusat mampu mendukung setiap pelaksanaannya sebab manfaat yang ditimbulkan banyak sekali.

“Ya saya berharap sekali Indonesia sebetulnya memiliki potensi. Asal kita konsisten melatih, memberikan nutrisi, vitamin dan sebagainya. Dan satu lagi pembinaan, serta sering diikutsertakan pada kompetisi,” tutupnya. (TedyAgeng)

Baca Juga : Peserta Tour de Linggarjati ke 5 Ikuti Balapan Pertama di Kelas Individual Time Trial.

1 month ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK, OLAH RAGA

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories