Hari Kesehatan Nasional Sebagai Langkah Berjuang Membangun Masyarakat Sehat

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-11-06 16:11:39+07

photo_2019-11-06_15-52-40.jpg

Pembukaan HKN ke-55 di Desa Sangkanhurip, Kecamatan Cigandamekar, Rabu (6/11/2019).

 

Kuningan – Kegiatan bakti sosial (Baksos) dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tingkat Kabupaten Kuningan dengan tema Berbagi Sehat Untuk Masyarakat secara resmi dibuka Bupati H. Acep Purnama, SH, MH di Desa Sangkanhurip, Kecamatan Cigandamekar, Rabu (6/11/2019).

Pelaksanaan kegiata Baksos yang didukung penuh oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, 11 Rumah Sakit dan 15 Organisasi Profesi, 2 Organisasi Swasta dan 2 Universitas itu tampak dihadiri pula oleh Kepala Dinas Kesehatan, H. Raji, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama, Wakil Ketua TP PKK, Hj. Yuana Ridho Suganda, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Hj. Ella Dian, serta unsur Muspika Kecamatan Cigandamekar.

Ketua Panitia, dr. Asep Hermana, SpB, MM, dalam laporannya menyampaikan, kegiatan Baksos yang merupakan bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat itu dalam pelaksanaannya berbeda dengan tahun lalu yang hanya melibatkan 8 organisasi kesehatan.

Untuk tahun ini, kata Asep, melibatkan 11 rumah sakit dan 15 organisasi profesi, 2 organisasi swasta dan 2 universitas. Jadi dari swasta terwakili, pemerintah terwakili, masyarakat terwakili, akademisi terwakili dan para pemegang usaha.

“Bentuk dukunganpun beradam, seperti Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menyediakan 500 paket pasta gigi dan sikat gigi, pemeriksaan mata. Kita gandeng juga gabungan pengusaha optik yang menyediakan 100 kacamata gratis, dan pemeriksaan kesehatan lainnya,” kata Asep.

Menurut Asep, kedepan ketika nanti diperlukan adanya baksos, pihaknya sudah siap dan sudah berkomitmen dan terlibat dalam baksos, “Dan atasnama panitia, sekaligus seluruh organisasi profesi di Kabupaten Kuningan, kami mengucapkan terima kasih untuk semua yang turut mendarmabhaktikan pengetahuan untuk masyarakat kabupaten kuningan,” ujarnya.

Sementara, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH dalam sambutannya selain menyampaikan rasa terima kasih, juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya untuk seluruh panitia, sehingga bisa kembali memperingati HKN ke-55 tahun 2019.

Dan Acep memandang, itu artinya dalam kurun waktu 55 tahun pemerintah bersama unsur masyarakat telah berjuang bersama seluruh masyarakat melaksanakan pembangunan kesehatan, “Perjuangan ini kita laksanakan untuk mewujudkan manusia Indonesia yang sehat, produktif dan berdaya saing tinggi,” ungkap Acep.

Acep menjabarkan, tema Peringatan HKN 2019 adalah Generasi Sehat Indonesia Unggul, dan momentum ini sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, akademisi, tak lupa sektor swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

“Saya berharap agar rangkaian kegiatan baksos ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Cigandamekar untuk mewujudkan masyarakat Cigandamekar yang sehat. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sudah berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kuningan,” pungkas Acep. (Redaksi/sumber : Bag. Humas Setda Kuningan)

 

16 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories