722
Friday, 18 September 2020 17:40 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Hasil Verifikasi Sementara, AKUR Sunda Wiwitan Tidak Bisa Disahkan

Hasil Verifikasi Sementara, AKUR Sunda Wiwitan Tidak Bisa Disahkan

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Tim Pengkaji Legalitas Komunitas Adat Karuhun (AKUR) Sunda Wiwitan Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur, masih belum mengambil keputusan. Padahal sudah dua bulan waktu berlalu. “Belum ada, tapi segera ada keputusan,” ucap Bupati Kuningan H Acep Purnama kepada bingkaiwarta.com, Jum’at (18/09/2020).

Bupati mengatakan, hingga kini tim masih bekerja. Prosesnya masih dalam tahap verifikasi ke lapangan. Proses ini belum tuntas, karena Ia ingin proses verifikasi tidak seetngah-setengah. “Verifikasi harus komprehensif,” tegasnya.

Saat ditanya arah kesimpulan tim, bupati mengindikasikan tidak akan bisa mengabulkan permintaan pengesahan, atau pengakuan Masyarakat AKUR di Kabupaten Kuningan. Sebab banyak hasil verifikasi tim menunjukan, bahwa beberapa syarat dari sebuah masyarakat adat pada fakta Masyarakat AKUR Cigugur ini, tidak terpenuhi. 

“Dari hasil verifikasi sementara, sepertinya tidak bisa kita sahkan (Komunitas AKUR Cigugur,red),” ujarnya.

Lantas, saat ditanya terkait intervensi DPP PDIP terhadap masalah ini, bupati kembali menegaskan, tidak pernah ada masalah DPP dengan kajian Komunitas AKUR ini. Keberadaan Komunitas AKUR dikaji dari berbagai sudut pandang. Termasuk melibatkan banyak akademisi sesuai keahlian mereka.

“Dari awal DPP tidak masalah. Kalau pun kita tidak bisa mengesahkan AKUR Cigugur, tentu tidak akan bermasalah dengan DPP. Saya tidak takut. Semua hasil kajian tim ini, tidak asal. Kajiannya komprehensif,” pungkas Bupati. (Abel Kiranti)

AKUR Sunda Wiwitan

Komentar

Berita Terkait