Hormat Kyai Berarti Hormati Diri Sendiri

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2020-03-05 20:42:45+07

Hormat Kyai sfsfrr.jpg

Penulis : Wakil Ketua DPC PPP Kuningan H. Yusron Kolid, S.Ag, M.Si.

 

Kuningan – Seorang kyai sekaligus pimpinan pondok pesantren yang memiliki banyak santri per-angkatan, belumlah tentu dapat mencetak semua santri menjadi kyai.

Walaupun terdapat tradisi yang sangat bagus, ketika santri senior yang dianggap mumpuni sering ditugasi kyai sebagai badal atau pengganti manakala kyai berhalangan.

Namun penugasan kyai kepada santri senior tidaklah menjamin bahwa mereka bakal menjadi kyai semuanya.

Mungkin dari sepuluh santri senior itu hanya satu atau dua yang bisa menjadi kyai, lalu bagaimana kemudian dengan delapan santri yang tidak bisa jadi kyai?

Tentu semua berpulang kepada keinginan dari pribadi santri masing masing, apakah mau berdagang, bertani, menjadi pegawai atau profesi sesuai kesanggupanya.

Sekalipun demikian,  kedelapan santri yang tidak menjadi kyai, akan istiqamah menghormati dan mengamalkan ilmu serta menjalankan amanat gurunya, baik dalam tatacara ibadah maupun amaliyah lainnya.

 Kita sering mendengar bahwa kyai yang miliki pondok pesantren itu seperti raja kecil dengan segala pengaruh dan  tanggungjawabnya.

Oleh sebab itu, selalu kita temukan santri yang tunduk patuh bin ta'dzim kepada Kyai... Samina wa 'atha'na.... Takriman wa ta'dziman.

Segala petunjuknya akan dikerjakan dalam situasi dan kondisi apapun, sebagai  adab yang utuh melekat sesuai kedalaman tradisi “Ta'lim Muta'allim”.

Jika ada santri yang jarang silaturahim atau tabarukan, kyai akan tetap menanyakan khabar para santri alumnusnya. Sehingga, hubungan kekeluargaan tetap terjamin dengan sungguh kuatnya.

Maka, jikapun ada kyai khilaf dengan sikap atau cara pendekatan dan pembinaan, tentu semua dikembalikan kepada sifat manusia yang tak terbebas dari kekurangan dan kesalahan, kecuali Rasulullah yang ma'shum sebagaimakhluk paling mulia dan ter-agung.

Kyai itu orang yang super ikhlas dalam berpengabdian khususnya dalam mengamalkan ilmu serta mendidik para santri dan masyarakat.

Oleh sebab itu, kita patut bersyukur karena masih ada orang yang miliki keikhlasan luar biasa seperti para kyai.

Kita patut pula mengadopsi pendidikan ala pesantren, dalam artian metoda yang baik yang lama terpelihara dipesantren, dapat diterapkan diera moderasi dengan segala kompleksitasnya, agar perilaku nyantri dan semangat keilmuannya tetap   mewarnai keadaban berkeluarga dan bermasyarakat.

Kita sering saksikan betapa hormatnya para santri kepada sang kyai semisal tidak bersuara lantang dihadapannya, tidak berjalan mendahului Kyai, tidak duduk ditempat yang suka diduduki kyai walau kyai sedang tidak ada, tidak menatap dengan sorot mata sok dekat, dan sikap ewuh pakewuh lainnya.

Dan itu seringkali berbias pula kepada orang tua sebagai wali santri. Karena menitipkan anaknya kepada kyai berarti sedang menitipkan dirinya sendiri.

Maka apabila ada wali santri yang “ujug ujug” marah, emosi dan protes kepada Kyai, tiada lain orang tua santri sedang protes kepada dirinya sendiri.

Sungguh kyai dalam arti keilmuan islam adalah sosok 'alim ulama sebagai waratsatul 'anbiya....pewaris para Nabi, yang hanya takut kepada Allah SWT...

Jika ada santri yang nakal maupun wali santri yang marah marah...Maka Kyai tetap akan tawakal dan memohon bimbingan dari Allah SWT.

Oleh sebab itu, dalam menjaga kewarasan individual dan sosial, tetaplah kita menghornati Kyai, sebab hormat kepada Kyai tiada lain kita sedang menghormati diri sebdiri.

Kita, dengan segala keterbatasan ilmu maupun kesibukan lain, tidaklah mungkin mendidik agama secara khusus bagi anak anak kita. Maka berkat adanya Kyai atau ustadz itulah kita merasa terbantu membentengi sekaligus membekali keluarga dengan ilmu agama.

Membentengi anak dengan agama akan berdampak positif bagi pembangunan mental spiritual masyarakat, bangsa dan negara.

Semoga kita digolongkan orang yang menghormati ilmu serta ilmunya para kyai.

Wallahu a'lam bishshawab.

 

Penulis : Wakil Ketua DPC PPP Kuningan H. Yusron Kolid, S.Ag, M.Si.

1 month ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, ARTIKEL

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com









Berita Terkini

Categories