424
Friday, 28 August 2020 12:29 (4 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

ICB Keteter, Bank Kuningan Ambil Alih Proyek Domba 25 Miliar

ICB Keteter, Bank Kuningan Ambil Alih Proyek Domba 25 Miliar

Bingkaiwarta, KUNINGAN - ICB selaku perusahaan pengelola proyek domba bergulir Rp25 miliar, merasa keteteran. Sehingga pada akhirnya ICB menyatakan close atau tutup. Bank Kuningan selaku fasilitator keuangan pun tidak tinggal diam. Bank milik Pemkab Kuningan ini berjanji akan mengevaluasi, dan melanjutkan program tersebut.

Direktur Utama Bank Kuningan, H. Dodo Warda SE menjelaskan, ada 3 tindak lanjut dalam menghadapi masalah ini. Yaitu, closing program, evaluasi program, dan melanjutkan program dengan pola berbeda lebih ke mandiri. Artinya, tidak lagi menggunakan ICB.

"Jadi, saya meminta kepada peternak, baik yang sudah melaksanakan perguliran domba maupun yang belum menerima domba, pakan dan obat-obatan, tetapi sudah membangun kandang, tidak perlu khawatir lagi. Semua akan ditangani Bank Kuningan," jelas H. Dodo kepada bingkaiwarta, com, Jumat (28/8/2020).

Dikatakan Dodo, secepatnya September 2020, Ia akan melaunching pemberian domba bergulir tahap II. Sambil bertahap juga, tentu menyelesaikan persoalan peternak yang sudah panen domba dengan ICB. Peternak tersebut, berhak atas pengembalian, atau konpensasi dari ICB.

“Bank Kuningan juga mendorong itu. Kita sudah kirim surat ke ICB untuk penyelesaian konpensasi ke peternak itu,” ujarnya.

Menurut Dodo, Bank Kuningan mau melanjutkan program ini, karena melihat antusias peternak. Mereka sudah membangun kandang. Jadi dimungkinkan sangat memberikan keuntungan sebagai tambahan penghasilan mereka.

Pola beda mandiri ini, juga membebaskan peternak membeli dan memilih bibit ternak sendiri. Pengusaha peternakan daerah juga bisa diberdayakan. Silahkan pengusaha ternak berkoordinasi dengan peternak penerima program untuk jual beli.

“Pola beda lain, adalah penerapan sistem kredit dari kita. Tapi dengan bunga dibawah umum. Kita sebut Kredit Usaha Rakyat Daerah (KURda). Yang tahap awal oleh ICB juga sama pakai KURda, tapi yang bayar ICB ke kita. Yang tahap II nanti, yang bayar kredit langsung peternak ke kita,” terangnya.

Diakui Dodo, meski pagu poyek program domba ini Rp25 miliar, tapi Bank Kuningan baru melaksanakan Rp15 miliar. Ditegaskan, dana ini bukan dana hibah. Tapi dana pinjaman dari LPDB untuk program bergulir peternakan dan UKM. Yang tentu harus dikembalikan untuk perputaran. “Harus diluruskan, dana ini bukan dana hibah,” tegasnya. (Abel Kiranti)

proyek domba ICB Bank Kuningan domba bergulir

Komentar

Berita Terkait