341
Thursday, 03 September 2020 20:17 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Ini Alasan Dibentuknya Dewan Kebudayaan Kuningan

Ini Alasan Dibentuknya Dewan Kebudayaan Kuningan

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Banyaknya potensi budaya di Kabupaten Kuningan, seperti  gagasan/ide, sanggar-sanggar/paguyuban/grup seni, warisan budaya (benda dan tak benda), SDM, semangat dan spirit berkebudayaan menjadi salah satu alasan terbentuknya Dewan Kebudayaan Kuningan.

Inisiator pembentukan Dewan Kebudayaan, Emup Muplihudin mengungkapkan, terbentuknya Dewan Kebudayaan Kuningan yang baru saja di lantik oleh Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Suganda di Gedung Auditorium Linggarjati, Kamis (3/9/2020) merupakan salah satu keinginannya dalam rangka melestarikan kebudayaan di Kabupaten Kuningan.

"Ini adalah cita-cita dan keinginan saya untuk ngamumule (melestarikan) budaya yang ada di Kabupaten Kuningan. Adanya kegelisahan atas potensi yang tercecer dan kurang terorganisasikan juga adanya mahfudot (kaol ulama) yaitu alhaqqu bila nidhom, maka terbentuklah Dewan Kebudayaan Kuningan," ungkap Emup kepada bingkaiwarta.com, Kamis (3/9/2020).

Emup Muplihudin yang juga merupakan Kabid Budaya Disdikbud Kabupaten Kuningan menjelaskan, tujuan dibentuknya Dewan Kebudayaan Kuningan secara umum yaitu untuk menguatkan dan membangkitkan fikroh, harokah, dan amaliah kebudayaan yang impactnya dirasakan oleh masyarakat.

"Secara khusus, diantaranya yaitu penyamaan persepsi dan membangun kesadaran kolektif tentang esensi kebudayaan dalam konteks tata kehidupan individu, masyarakat, bangsa dan negara. Selain itu, terinventarisasikannya kekayaan dan potensi budaya Kuningan," jelasnya.

Lahirnya pengakuan Dewan Kebudayaan Kuningan sebagai organisasi, baik secara de facto maupun secara de yure dengan komposisi Dewan Pakar, Anggota Dewan Kebudayaan Kuningan dan Komisi-komisi, diharapkan Emup bisa menjadi wadah bagi para insan seni dalam melestarikan kebudayaan Kuningan. (Abel Kiranti)

spirit berkebudayaan potensi budaya

Komentar

Berita Terkait