504
Tuesday, 24 November 2020 15:35 (2 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Inilah Desa-Desa Yang Patut Jadi Teladan Program Desa Bersinar

Inilah Desa-Desa Yang Patut Jadi Teladan Program Desa Bersinar

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Program desa bersih narkoba atau biasa disingkat dengan Desa Bersinar merupakan program andalan BNN terhadap masyarakat Indonesia dalam mensukseskan program P4GN. Tidak terkecuali di Kabupaten Kuningan, dari 361 yang ada di Kuningan beberapa diantaranya telah dapat dikatakan tanggap terhadap masalah penanggulangan narkoba. 
 
Desa-desa tersebut diantaranya adalah Desa Muncangela, Kadugede, Tirtawangunan, Manis Kidul, Manis Lor, Wanasaraya, Cikupa, Bakom, dan Ciasih. Selain desa-desa diatas terdapat juga desa-desa yang telah bekerjasama langsung dengan BNN Provinsi Jawa Barat yaitu Desa Ciawi Gebang, Cidahu, dan Jalaksana. Hal ini berdasarkan rekapitulasi supervisi BNN Kabupaten Kuningan 23 November 2020 dari kegiatan Bimbingan Teknis Desa Bersinar yang sudah dilaksanakan sejak tiga bulan lalu. 
 
Kriteria yang membuat desa-desa diatas layak disebut sebagai percontohan desa bersinar antara lain adalah telah melaksanakan program sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba (P4GN) secara mandiri atau inisiatif perangakat desa sendiri. Selain itu telah membuat regulasi tentang P4GN dan Pembentukan Satgas ,Surat Edaran untuk masyarakat. Hal yang tak kalah pentingnya adalah membuat himbauan-himbauan melalui berbagai media seperti pemasangan spanduk anti narkoba.
 
Asep Surahman Kepala Desa Cikupa sangat antusias dengan terpilihnya desa yang dipimpinnya menjadi salah satu percontohan Desa Bersinar. Menurut Asep, Desa Cikupa sudah punya inisiatif penanggulangan narkoba sejak tahun lalu. Hal ini dibuktikan dengan diterimanya Penghargaan Anugerah Desa Maju Fajar Cirebon 2019 dalam kategori Bersih Narkoba. "Desa Cikupa juga telah bekerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa jurusan Hukum UNIKU untuk sosialisasi terhadap masyarakat mengenai bahaya narkoba," ujar Asep.
 
Melihat antusiasme desa mandiri seperti ini, Kepala BNN Edi Heryadi, M.Si mengapresiasi kepada para Kepala Desa tersebut. Edi berharap desa-desa lain dapat mencontoh dan bersinergi dengan BNN. “Tidak hanya dalam bidang pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, melainkan juga pada bidang rehabilitasi dan pemberantasan. Partisipasi ini kami harapkan terus berkesinambungan hingga seluruh Kabupaten Kuningan bersih narkoba,” kata Edi. (Abel Kiranti)
Desa Teladan BNN Kuningan

Komentar

Berita Terkait