Jalur Pendakian Dibuka Kembali BTNGC Lakukan Antisipasi Ancaman Pemulihan Ekosistem

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-12-29 18:14:05+07

Jalur Pendakian sfsf.jpg

Pemasangan pita pembatas di empat jalur pendakian, sebagai salah satu upaya pencegahan ancaman terhadap pemulihan ekosistem yang dilakukan di Gunung Ciremai. (Foto : Dok. BTNGC).

 

Kuningan – Bersamaan dengan dibukanya kembali jalur pendakian, pihak Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) lakukan antisipasi terhadap potensi ancaman proses pemulihan ekosistem secara suksesi alami di area puncak Gunung Ciremai akibat kebakaran hutan pada bulan Agustus silam.

Kepala BTNGC Kuswandono membenarkan, bahwa mulai Senin (30/12/2019) 3 jalur pendakian Gunung Ciremai diantaranya, jalur Linggasana, Palutungan, dan Apuy mulai dibuka kembali, sedangkan untuk jalur Linggajati baru akan dibuka pada Kamis (2/1/2020).

Agar upaya pemulihan ekosistem yang tengah dilakukan tidak terganggu, menurut Kuswandono, pihak BTNGC bersama masyarakat mitra Pengelola Pendakian Gunung Ciremai (PPGC) melakukan berbagai antisipasi.

“Antisipasi yang kami lakukan tersebut antara lain dengan memasang pita pembatas di empat jalur pendakian, memasang papan informasi dan larangan agar para pendaki tidak memasuki area pemulihan ekosistem,” ujar Kuswandono, Minggu (29/12/2019).

Selain itu, kata Kuswandono, demi menjamin keamanan dan kenyamanan para pendaki, pihaknya juga telah melakukan pencegahan dini terhadap ancaman air bah, dengan membuat saluran yang bisa memecah aliran air, berikut plang informasi, serta penyebaran informasi cuaca harian melalui media sosial.

“Kami berupaya melakukan yang terbaik demi terciptanya suasana aktivitas pendakian yang tertib, aman, dan nyaman. Namun kamipun berharap, para pendaki merencanakan dan mempersiapkan pendakian dengan sebaik-baiknya, serta mematuhi segala ketentuan yang berlaku, agar suasana yang kita harapkan itu terwujud,” kata Kuswondo. (Yud’s)

23 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com














Berita Terkini

Categories